Mengapa Komputer Dan Laptop Menjadi Lambat Setelah Diinstal Antivirus Avira?

Hai sahabat, mungkin ada diantara Anda yang pernah memasang antivirus avira pada komputer atau laptop Anda. Dan bisa jadi setelah itu komputer atau laptop Anda pun menjadi lambat saat dijalankan. Nah, gara-gara masalah tersebut, pasti Anda akan bertanya-tanya sendiri, mengapa komputer dan laptop menjadi lambat setelah diinstal antivirus avira ini?

Baiklah, sebelumnya saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya beberapa bulan yang lalu. Jadi saya pernah mendapatkan beberapa servisan komputer dan laptop; ketika itu saya pasangi antivirus avira di dalamnya. Setelah selesai dan direstart, komputer pun menjadi sangat lambat. Jangankan untuk bekerja, melakukan klik untuk membuka file di dalam komputer saja bahkan sangat sulit dilakukan.

Wah, gara-gara lambat itu, saya jadi bingung sendiri, apa sih yang membuat laptop dan komputer yang saya servis malah menjadi lambat? Sempat saya ingat-ingat bahwa hal terakhir yang saya lakukan sebelum komputer menjadi lambat adalah menginstal antivirus avira. Maka dari itu, saya pun langsung mencoba untuk menghapusnya kembali dari sistem. Dan setelah komputer saya restart, akhirnya komputer menjadi normal kembali.

Namun saya pun masih bertanya-tanya apa kira-kira penyebabnya kok bisa sih avira membuat lambat komputer? Setelah itu saya teliti lebih lanjut, dan saya mendapatkan titik terang pada memory komputer tersebut. Ya, saya lakukan pengecekan terhadap memory tersebut ternyata hanya memiliki kapasitas 512MB.


Wah, terjawab sudah penyebabnya, ternyata akibat kapasitas memory/RAM pada laptop terlalu kecil. Dan untuk membuktikan itu memang penyebabnya, di kemudian hari saya lakukan percobaan kembali pada laptop lain yang memiliki memory hanya 512MB. Hasilnya, memang benar bahwa laptop tersebut menjadi lambat.


Ya sahabat, ukuran memorylah permasalahannya. Sebab antivirus terbaru memiliki ukuran yang semakin besar, dan tentunya membutuhkan ruang pada memory yang lebih banyak. Untuk itu, Anda harus menghapus avira di komputer dan laptop Anda, agar komputer dan laptop yang lambat gara-gara antivirus ini bisa teratasi


Perlu Anda ketahui, bahwa antivirus adalah aplikasi yang selalu berjalan. Dan untuk itu, antivirus memerlukan ruang di memory agar ia bisa bekerja. Jika memory terlalu kecil, maka bisa menyebabkan menjadi sesak dan penuh setelah diinstal avira. Oleh sebab itulah tidak ada ruang lagi pada memory yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi lainnya, sehingga komputer pun menjadi lambat.


Nah, perlu diingat, bahwa saya tidak menyarankan Anda memasang antivirus avira pada komputer atau laptop yang menggunakan memory/Ram dengan kapasitas 512MB ke bawah. Sebab jika Anda memaksa, dihawatirkan terjadi kerusakan yang tidak diinginkan pada komputer atau laptop Anda.


Sebenarnya itu bukan hanya untuk avira saja. Tapi untuk antivirus lainnya pun, jika memiliki ukuran yang besar, maka jangan dimasukkan pada laptop atau komputer yang sudah tua dengan spesifikasi yang sangat rendah. Akibatnya sudah jelas, akan membebani komputer itu sendiri.

Jadi agar komputer Anda tetap terpasang antivirus, maka gunakan saja antivirus yang ringan. Untuk contohnya adalah "smadav, antivirus lokal buatan Indonesia".


Jika Anda tertarik dengan smadav, silahkan masuk ke sini Download smadav terbaru offline installer

Nah sahabat, kesimpulan dari tulisan ini adalah jika komputer Anda menjadi lambat setelah diinstal avira, maka kemungkinan besar memory komputer tersebutlah yang terlalu kecil. Jadi, untuk mengatasinya hapuslah avira tersebut dari system komputer, agar komputer Anda menjadi ringan kembali.


Baiklah, demikian tulisan saya tentang mengapa komputer dan laptop menjadi lambat setelah install antivirus avira? Semoga ada manfaatnya.. salam..!

2 komentar

Owh gitu kak...........
Kakak,,,antivirus. yg enteng.merek nya apa kak?

smadav yang paling enteng.. tapi kalau mau yang agak oke pakai avg aja gan.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon