Tips Memilih, Sebelum Membeli Laptop/Notebook Baru

Tips membeli laptop baru=> Meski pun saat ini adalah era smart phone dan tablet, tapi penggunaan laptop/notebook masih sangat diperlukan. Itu karena laptop memiliki kinerja yang lebih baik, tentunya dalam berbagai hal. Misalnya untuk mengetik, mengedit foto, membuat logo dan lain-lainnya, laptop masih lebih unggul dibanding smart phone dan tablet.


tips membeli laptop baru

Nah, jika Anda membutuhkan sebuah laptop dan berniat untuk membelinya, alangkah baiknya Anda baca tips sebelum membeli laptop baru di bawah ini, agar Anda mendapatkan sedikit masukan. Sebab, banyaknya merek dan model laptop yang ada di pasaran, bisa jadi membuat Anda cukup bingung memilihnya. Apa semua tipsnya?


Inilah tips memilih, sebelum membeli laptop/notebook baru.


1. Sesuaikanlah dengan budget Anda

Yang pertama adalah, pilihlah laptop yang sesuai dengan kemampuan Anda untuk membelinya. Jika Anda ingin membeli notebook yang bagus, dan uang Anda cukup untuk membelinya, silahkan saja. Yang jadi masalah adalah jika Anda menginginkannya, tapi ternyata uang Anda tidak cukup untuk membeli laptop tersebut.

Jadi solusinya ya sesuaikan saja dengan keuangan Anda saat ini. Jangan pernah memaksakan untuk memilih yang lebih mahal, jika Anda (maaf) tidak mampu membelinya. Sekali lagi jangan pernah memaksa, sebab tidak ada toko yang mau memberikan laptopnya kepada Anda, dengan jumlah uang yang kurang dari harga yang telah ditentukan.

2. Sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda

Yang kedua adalah, sesuaikanlah laptop yang akan Anda beli dengan kebutuhan Anda. Jika Anda hanya butuh untuk mengetik, berarti merek dan model yang biasa-biasa saja sudah cukup bagi Anda. Selain itu, dengan memilih yang biasa saja, berarti ini akan lebih menghemat uang Anda.

Tapi jika Anda butuh laptop untuk kerja berat seperti desain grafis dan sebagainya, berarti Anda perlu yang spesifikasi cukup tinggi. Minimal harus yang mampu untuk mengerjakan pekerjaan Anda tersebut. Tentunya juga dengan tidak melupakan tips pertama, yaitu sesuaikan dengan budget Anda. Jika memang uang Anda belum cukup, silahkan menabung terlebih dahulu.

3. Sesuaikan dengan kenyamanan Anda

Ada banyak tipe dan model laptop di pasaran. Tapi untuk masalah kenyamanan, saya mengambil contoh lebih kepada bentuk dan kegunaannya. Misalnya Anda tidak terlalu jelas lagi membaca tulisan yang kecil, maka jangan pernah membeli laptop dengan ukuran yang kecil. Jadi belilah notebook yang minimal memiliki ukuran 13.3" ke atas.

Misalnya juga Anda mempunyai bentuk tangan dan jari-jari yang besar; jadi pilihlah laptop yang besar juga. Sebab, ukuran yang besar pasti memiliki tombol-tombol keyboard yang besar, dan cukup memiliki jarak di antara tombol-tombol tersebut. Ini agar memudahkan Anda untuk mengetik. Yang jelas, sesuaikanlah dengan selera dan kenyamanan Anda.

4. Pilih merek yang jelas


Masalah merek, juga tak kalah penting dengan yang lainnya. Sebab, memilih merek laptop yang bagus, akan berpengaruh pada kualitas laptop itu sendiri. Selain itu, merek juga berpengaruh terhadap harga jual bekasnya, jika Anda berniat menjualnya di kemudian hari. Malahan, merek laptop yang jelas itu berpengaruh terhadap kemudahan servisnya, baik masih dalam masa garansi atau sudah tidak.

Berdasarkan pengalaman, dengan merek yang bagus, akan lebih mudah untuk mendapatkan spare part laptop tersebut. Terserah Anda apakah Acer, Toshiba, Zyrex, Hp, Sony Vaio, Dell atau yang lainnya. Lebih baik tanyakan juga kepada penjual laptop tempat Anda belanja, mana merek yang paling baik. Jangan lupa untuk bertanya juga kepada rekan-rekan Anda yang telah berpengalaman, dalam memakai merek laptop apa yang bagus.

5. Pilihlah yang bergaransi resmi


Perlu Anda ketahui, bahwa garansi untuk laptop itu ada dua macam. Pertama adalah garansi resmi, yang diberikan langsung dari produsen pembuat laptop Anda. Dan yang kedua adalah garansi toko, yaitu garansi yang diberikan oleh pihak toko pusat seperti distributor di jakarta, surabaya dan lain-lain. 

Baca juga: 9 Tips Membeli Laptop Baru Agar tidak tertipu

Bahkan laptop dengan merek yang sama pun, terkadang bisa bergaransi resmi, bisa juga bergaransi toko. Awas hati-hati, jangan sampai salah pilih. Jadi saran saya, pilihlah laptop yang bergaransi resmi. Sebab, dengan garansi remi ini, Anda akan mudah melakukan servis di service centre merek laptop Anda, yang tersedia di berbagai tempat di Indonesia.

Intinya, saat membeli laptop mintalah kepada penjual untuk memilihkan laptop yang memiliki garansi resmi. Jangan lupa pula mintalah kepada penjual, untuk memperlihatkan bukti bahwa laptop tersebut memang benar-benar bergaransi resmi.

6. Pilihlah laptop yang menggunakan windows original

Demi keamanan Anda, belilah laptop yang sudah in clude windows original/asli di dalamnya. Sebab ini akan menghindarkan Anda dari razia windows yang dilakukan oleh microsoft, di bandara-bandara internasional dan di tempat-tempat lainnya.

Memang untuk harganya, laptop yang menggunakan windows asli cenderung lebih mahal. Tapi, Anda perlu mengetahui alasan menggunakan windows original itu penting agar yakin. Oleh karena itu jika Anda tidak menginginkan windows yang asli, Anda bisa menggunakan sistem operasi yang yang free alias gratis, seperti linux/ubuntu dan lain-lain. Itu semua sekali lagi saya ingatkan, demi keamanan Anda.

Dari ulasan kali ini dapat disimpulkan bahwa sebelum membeli laptop, Anda harus memilih yang sesuai dengan keuangan Anda, kebutuhan Anda, dan kenyamanan Anda. Selain itu pilihlah laptop dengan merek yang bagus, memiliki garansi resmi serta windows yang asli ya... 

Demikian tulisan saya tentang tips sebelum membeli laptop baru, semoga bermanfaat... Apabila ada yang ingin menambahkan, silahkan ditambahkan melalui komentar. Terima kasih..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon