Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Laptop Acer 4738,4738z

Anda penggemar laptop merek Acer? jika iya pasti pernah mendengar acer 4738, dan 4738z. Laptop yang berukuran 14" ini memiliki desain yang simpel dan unik, yang harganya pun cukup terjangkau.

kerusakan acer 4738

Namun siapa sangka jika laptop ini pun mempunyai berbagai kekurangan, yaitu sering terjadi kerusakan pada fan/kipas pendingin processor pada laptop tersebut. Entah mengapa, banyak sekali kasus kerusakan fan atau kipas pendingin heat sink pada laptop acer 4738 itu. Tentunya saya tau semua itu ketika saya masih kerja di toko komputer dulu.

Jadi ceritanya banyak pelanggan yang mengeluh bahwa laptop acer 4738 milik mereka sering mati-mati. Akhirnya saya bongkar dan lakukan pengecekan, ternyata kipas pendinginnya bermasalah. Kasus seperti ini sangat sering terjadi.

Dari beberapa toko komputer yang berlangganan spare part di toko bos saya, kebanyakan kasus yang muncul terhadap laptop ini juga soal kipas yang bermasalah. Ada yang hanya bergerak-gerak sedikit, ada juga yang tidak mau berputar sama sekali.

Jadi untuk gejalanya, jika dihidupkan beberapa menit saja laptop menjadi cepat panas. Kemudian jika didengarkan maka tidak ada gerakan kipas sedikit pun, dan tidak ada angin yang keluar dari saluran pembuangan udara panas pada heat sink. Jika terlalu panas dalam beberapa menit saja setelah dihidupkan, laptop akan mati.

Kemudian jika dibongkar dan dilakukan pengetesan terhadap kipas, maka kipas laptop tersebut bermasalah dan tidak mau berputar. Itulah sebabnya laptop Anda cepat panas dan kemudian mati.

Jika gejala laptop 4738 Anda mati dalam beberapa menit seperti itu, silahkan coba dulu laptop Anda dengan menggunakan fan dari laptop lain yang bertipe sama, atau mencobanya dengan fan yang baru. Jika fan baru tersebut mau berputar berarti memang betul bahwa kipas laptop Anda benar-benar rusak.

Selain kipas yang sering bermasalah, laptop tipe ini juga biasa mengalami kerusakan pada mainboard. Untuk gejala umumnya laptop tampil blank alias gelap, bahkan tidak bisa hidup sama sekali.

wah, kalau sampai masalah ini muncul, jelas butuh biaya yang cukup banyak untuk memperbaikinya. Biaya yang diperlukan antara dua, yaitu biaya servis mainboard atau biaya ganti mainboard yang jika dihitung-hitung bisa sampai di atas satu juta rupiah.

Belum lagi jika ada kerusakan yang lainnya seperti tombol keyboard tercabut atau eror. Jelas biaya semakin banyak lagi. Maaf ya pemirsa, bukan berarti saya menakut-nakuti Anda untuk membeli laptop ini. Tapi saya hanya ingin berbagi pengalaman yang mungkin bisa berguna bagi Anda.

Baiklah, saya rasa cukup sekian tulisan saya tentang kerusakan yang sering terjadi pada laptop acer 4738/4738z, semoga ada manfaatnya bagi Anda. Jika ada kekurangan, silahkan ditambahkan melalui komentar. Terima kasih.. :)

20 komentar

laptop saya acer 4738 lom yang i3,,kerusakanya tidak display,,lampu power kedip2,,fan mutar lalu mati /terus menerus

@siswo junior: kemungkinan chipset di mainboardnya mas.. coba diperiksakan di teknisi komputer terdekat... kalau ganti chipset sih kisaran 900 ribuan di kota palu mas..

Gan laptop ane gejalanya persis sama kyk yg ente jelaskna. Kadang 15 menit mati... Kadang kipas ngk berputar dan kadang berputar. Apa solusinya ganti kipas.. Soalnya klw k servis bilangnya mainboardnya. Yg hrga gantinya 1 juta lbih

@sayyed harry: apa benar laptonya 4738? kalau iya, sebagian besar masalah seperti itu kipasnya mas sayyed. Coba bawa ke tempat servis lainnya. Bilang aja suruh cek apakah kipasnya yang rusak atau bagaimana gitu... soalnya pengalaman sih kalau acer 4738 seperti itu.. nyala sebentar mati, pas dicek kipasnya gak muter.. begitu diganti langsung ok kok.. tapi, memang sih tidak semua gejala seperti itu kipasnya.. bisa jadi juga mainboard. makanya bawa aja ket4 servis lainnya.. siapa tahu mereka bisa memberi solusinya mas.. :)

Punya saya bgitu mas ga nyala.klo d hidupin ga sampe ada tulisan start windows baru tulisan acer nya doang udh mati lagi. Kalo kipas nya mash muter. Itu kenapa ya?

@ishar juna: kalau angin yang keluar dari laptop masih kencang, kemungkinan daya tegangan listrik ke processor lemah mbak..

Assalamualaikum.
Punya saya acer 4738, mohon bantuan baru rencana mau ke tmpt servis tp penasaran dg kerusakan yg saya alami.
Sya beli th 2011, udah hmpir 2tahun belakangan kalo pake lptop harus nancap soket ke stop kontak krn batrei sdh aus, 5 mnit sja tak kuat.
Nah sebulan terakhir tidak saya pasang btreinya saat pemakaian, krn klo sya pake sering hang/macet harus hardreset, tp klo dinyalain gitu lagi.
Alhasil sya tdk pake btrei.
Stelah skitar sbulan, skarang malah mati total.
Ketika sya tekan powernya hanya ada kedipan 1 kali warna biru diindikator bwh keyboard ( yg gmbr bohlam).
Tolong dijelaskan kerusakan apa yg trjadi (apa benar mainboardnya?) dan mohon saran utk perbaikan lptop sya.
Terimakasih.
Wassalamualaikum.

waalaikum salam, kemungkinan besar memang mainboardnya yang bermasalah. Tapi itu juga belum pasti sebelum dipastikan mbak.. untuk kasus laptop mati, silahkan baca tulisan ini dulu.. siapa tau berguna http://abang-palu.blogspot.co.id/2014/03/cara-mengatasi-laptop-tiba-tiba-mati.html

Iya makasih mas atas sarannya.
Stelah baca link diatas smoga saja cukup dibersihkan debunya sudah dpt dpake kmbali.

Iya deh mbak.. mudah-mudahan gak parah :)

malam bang, sy mohon pencerahannya sedikit, klo bisa banyak juga sy berterima kasih sekali. hehehe...

gini bang, laptop sy acer 4738g, udah kurang lebih 6thun sy pake, tpi hari minggu kemaren tiba2 mati sendiri, sy pikir masalahnya hanya berdebu, jadi sy tiup-tiup aja dri luar casing, tpi setelah sy nyalakan, belum lama sy pake, tiba2 mati lagi, udah berulang2 sy nyalain, masih tetap suka mati tiba2 dlam 10 menit, karna sy udah mulai kesal, sy bantinglah laptopnya eh di diamkan selama 2 hri, nah kmaren (rabu) sy coba untuk nyalain lagi, eh malah tambah parah penyakitnya, klo sebelumnya masih bisa masuk windows, skrg mlah gk bisa sma skali, cuma sampe di pilhan 'repair windows/start windows normaly' udah mati, sy udah coba tiup2 sampe kpla sy pusing, buka casing untuk bersihkan debu2nya, ganti pasta heatsink, bersihkan ram pake penghapus, tetap aja mati tiba2, padahal kipasnya masih baik dan anginnya masih kencang.
sekali bisa masuk windows, tpi gk lama mati lagi, sekali bisa masuk repair windows, tp setelah selesai dicek, gk ada yg bermasalah katanya, setelah itu gk bisa masuk windows lagi, tpi klo masuk ke bios bisa, gk mati...
setelah baca komentar yg ada disini dan di postingan abang yg soal masalah laptop mati tiba2, mungkin masalahnya listrik gk kuat ke prosesornya...

terus solusinya gmna bang? Atau mungkin ada masalah lain? klo emang ada yg harus diganti kira2 berapaan biayanya?

mohon pencerahannya bang..
maaf klo kepanjangan.... hehehe

Tidak masalah kepanjangan. Saya suka malahan yang kayak gini.. jelas banget :D iya memang bener gan.. kalau di bios tetap bisa, kemudian masuk windows mati2 berarti ada beberapa kemungkinan. Kalau gak sistemnya yang rusak ya berarti kurang tegangan di prosesor. coba deh instal ulang dulu bisa gak.. kalau tetap gak bisa, ya berarti perlu diservis mainboarnya.. biayanya sih paling murah 400 ribu mas.. :D

Selamat Pagi, Laptop saya Acer 4739 intel Core i3, ketika di nyalakan tidak bisa.
hanya kipas yang berputar, suara cd room, serta lampu indikator (biru) nyala terus dan lampu indikator baterai (oranye) hanya nyala sebentar. layar no display. RAM sudah dibersihkan. kira kira kerusakan ada dimana ini ? terimakasih

banyak penyebabnya gan,, coba disharing ke monitor pc dulu.. kalau tampil, ada kemungkinan kerusakan pada bagian display laptopnya.. bisa jadi kabel fleksibel, bisa jadi lCDnya..

Mas saya mau tanya ni laptop mesin hidup tapi layar kgk muncul itu kenapa ya

macem2 gan,, bisa jadi mainboard, memori, vga dll..

Permisi mas..saya punya acer 4739 core i3..masalah nya adalah ketika laptop dingin atau baru di hidupkan itu lemot banget mas, apalagi kalo langsung terkoneksi ke internet, langsung not responding,, tapi kalo udah panas kinerja laptop kembali normal, biasanya kalo saya mau pakai buat internet saya akalin buat nonton video dulu 15 sampe 20 menit biar rada anget, setelah itu baru saya konek ke internet,, sebelum nya os windows 10, saya fikir windows nya kali, saya downgrade ke windows 7,, alhasil sama aja udah kaya sayur sop harus di angetin dulu baru enak..hehehehe..mohon pencerahan nya mas, terimakasih banyak

walah, kalau kasus kayak gitu malah belum pernah ane gan he he.. dulu pernah sih, kasusnya laptop lambat banget kalau belum diinstal driver VGA.. tapi setelah diinstal bisa normal.. mungkin perlu dicek satu persatu kali gan, hard disknya mungkin, atau memorinya..

tolong gan perkiraan rusaknya apa ya, laptop saya acer 4738g juga sering tiba tiba mati sendiri kipas masih berputar sudah saya bersihkan pasta prosesor sudah saya ganti ,tapi tetep.tapi kalau masuk bios aja bisa lama tapi masuk windows langsung mati ,solusinya kira kira apa ya trims

KAlo laptop acer 4738z core i5 bisa buat game naruto ultimate ninja storm 2 nggak....?

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon