Mengapa Seorang Blogger Harus Menjaga Kesehatan?

Mengapa seorang blogger harus menjaga kesehatan?=> Bagi Anda yang hobi blogging, apakah itu sekedar hobi menulis atau ngeblog untuk mencari uang, memang terkadang memiliki halangan dan rintangan. Tentunya sama seperti kegiatan lainnya, bahwa tidak ada kegiatan yang selalu berjalan lancar-lancar saja.

Salah satu rintangan dari seorang blogger adalah faktor kesehatan. Ya, jika Anda sakit, pasti sulit bagi Anda untuk mengerjakan hobi Anda tersebut. Bahkan tak jarang jika Anda sakit, maka tidak ada yang bisa Anda perbuat lagi.

Nah, untuk itulah Anda sebagai seorang blogger tentunya harus mulai memikirkan kesehatan Anda sendiri. Jangan sampai hanya gara-gara mengejar uang, uang dan uang, harus mempertaruhkan kesehatan Anda yang jika dihitung-hitung lebih tinggi nilainya ketimbang uang yang Anda dapatkan.

Misalnya Anda mempunyai penghasilan 3 juta per bulan dari bisnis di internet. Penghasilan itu Anda dapatkan dengan cara duduk full time dari subuh sampai larut malam. Dan begitu terus setiap hari, hingga tidak ada waktu Anda untuk mengerjakan hal-hal lain di luar sana yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Akhirnya karena terlalu sering duduk dan kurang mengkonsumsi air putih, Anda terkena batu ginjal. Nah, jika Anda telah terkena penyakit ini, berapa juta uang yang harus Anda keluarkan untuk mengobatinya? Yang pastinya lebih mahal dibanding pendapatan Anda, meskipun itu puluhan juta rupiah per bulannya. Sebab, kesehatan itu tak ternilai harganya.

Itu masih belum seberapa! Bagaimana jika mata Anda sampai mengalami kerusakan permanen akibat terlalu sering melotot di depan monitor? Apa lagi yang bisa Anda lakukan untuk hobi Anda itu? Apakah Anda masih bisa menulis? Masihkan Anda bisa mendesain logo sebagai freelancer?

Pastinya jawabannya adalah, Anda tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Jika sudah begitu, apakah kegiatan blogging Anda menguntungkan atau malah merugikan? Ya jelas, sangat merugikan jika tidak dibarengi dengan menjaga kesehatan tubuh.

Nah, oleh karena itulah bagi Anda yang full time menjadi seorang blogger, perhatikanlah mulai sekarang kesehatan Anda. Kurangi kegiatan yang melulu duduk di depan komputer, gadget, smart phone dan lainnya yang dapat menghabiskan waktu Anda hanya untuk melakukan itu, hingga Anda tidak sempat berolah raga.

Pagi, jika Anda muslim maka sholat subuhlah terlebih dahulu. Ini untuk menyegarkan badan, pikiran dan kepenatan. Kemudian jalan-jalan (berjalan kaki) setelah sholat subuh, dengan menelusuri lorong-lorong misalnya. Ini agar otot-otot Anda menjadi lemas. Jika diperlukan, sekalian berolah raga agar otot-otot Anda menjadi lebih lemas lagi, dan aliran darah pun menjadi lancar.

Nah, setelah itu barulah Anda boleh menggunakan komputer. Tapi ingat, jangan lupa sarapan jika sudah waktunya dan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna untuk memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan.

Jaga kebersihan diri, seperti mandi dan lain-lain. Kemudian jaga kebersihan pakaian dan lingkungan Anda.

Jangan lupa, jangan duduk dan memandang layar monitor terlalu lama. Misalnya 2 jam Anda duduk, silahkan berdiri dulu atau berbaring untuk merebahkan tubuh Anda kurang lebih 10-15 menit guna merefresh badan Anda. Untuk mata, paling tidak 30 menitlah, maka Anda harus memalingkan mata ke arah lain, agar otot mata Anda tidak kaku.

Jangan lupa tidur secukupnya, satu jam setelah makan siang. Lamanya terserah Anda apakah 30 menit atau 1 jam, yang jelas setelah makan tunggulah satu jam baru tidur. Selain dapat meringankan beban pikiran, tidur siang juga dapat menyegarkan badan.

Ketika petang, ingatlah jangan tidur terlalu larut malam. Banyak penyakit yang muncul akibat sering tidur larut malam. Jadi, paling tidak jam 10 adalah waktu paling malam tidur Anda.

Buatlah target seperti itu setiap hari, agar Anda tetap sehat. Buatlah jadwal tentang kesehatan dari bangun tidur sampai tidur kembali.

Itu semua agar Anda tetap sehat, sehingga Anda tetap bisa berkarya dan bekerja untuk keluarga Anda. Yang terakhir jangan lupa berdo'a kepada Tuhan, agar memberikan kesehatan selalu kepada Anda dan sekeluarga, tak lupa kepada saya juga :)

Semua itu demi apa? Demi kebaikan Anda, keluarga dan orang-orang yang Anda cintai tentunya. Sebab jika Anda sehat, uang itu mudah dicari dan didapatkan!!

Tulisan ini hanya untuk mengingatkan, bukan untuk mengancam apa lagi memaksa. Sekali lagi, jaga kesehatan Anda!!

Oke,, sekian tulisan saya tentang mengapa seorang blogger harus menjaga kesehatan, semoga bermanfaat. Terima kasih..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon