Cara MEMASANG TASKBAR DI ATAS DAN SAMPING LAYAR MONITOR

Hai sahabat, kali ini saya akan membagikan tutorial cara memasang taskbar di atas dan samping layar monitor. Jika Anda berkenan, silahkan dibaca lebih lanjut ya..

Sebelum lebih jauh ke pembahasan, mungkin ada di antara Anda yang belum tahu apa itu taskbar. Mungkin ada juga yang mengira makanan kali ya he he he.. Bukan sahabat, taskbar tidak ada hubungannya dengan makanan apapun. Jadi Taskbar merupakan bar (batang) yang terdapat di system operasi windows, yang difungsikan untuk memonitor program atau aplikasi yang sedang kita jalankan. Untuk gambarnya bisa dilihat di bawah ini.

gambar taskbar

Nah, pasti pernah lihat kan taskbar seperti apa? O iya, gambar yang saya ambil itu dari windows 7 ya sahabat. Kalau untuk windows xp ya kurang lebih seperti itu lah.

Oke, kita kembali ke laptop. Jadi ceritanya saya tahu tentang hal ini ketika penasaran di komputer teman kok taskbarnnya bisa di atas layar sih? Nah dari penasaran itulah saya memberanikan diri untuk bertanya langsung kepada teman saya tersebut. Alhamdulillah, saya diajari caranya. Dan silahkan dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Cara memindahkan taskbar ke atas dan samping layar

1. Klik kanan pada taskbar, kemudian hilangkan centang pada pilihan LOCK THE TASKBAR seperti pada gambar di bawah ini.

cara menempatkan taskbar di samping layar

Note: menghilangkan centang pada LOCK THE TASKBAR ini dimaksudkan untuk membuka kunci pada taskbar, agar taskbar bisa dipindah ke atas atau samping kiri kanan layar.

2. Setelah Lock Anda buka, selanjutnya klik dan tahan pada taskbar Anda, kemudian geser saja ke tempat yang Anda inginkan. Misalnya di atas layar, seperti yang Anda lihat pada gambar berikut.


Atau Anda juga bisa memindahkan taskbar ke samping kiri layar, seperti contoh berikut.


3. Setelah Anda menaruh taksbar pada posisi yang Anda inginkan, sekarang lakukan klik kanan lagi pada taskbar Anda, dan centang kembali pada LOCK THE TASKBAR agar taskbar terkunci paten dan tidak mudah terpindahkan kecuali kunci dibuka kembali.

Nah, dengan demikian maka proses pemindahan taskbar dari bawah ke atas atau samping layar ini telah selesai. O iya, cara ini juga bisa Anda gunakan untuk mengembalikan taskbar yang tidak sengaja berpindah sendiri ke atas atau samping layar komputer dan laptop Anda. Dalam artian, Anda ingin mengatasi masalah taskbar yang berpindah ke samping atau atas layar dan mengembalikannya ke posisi semula yaitu di bawah layar.

Bagaimana sahabat, mudah bukan? Demikian tulisan saya tentang cara memindahkan taskbar ke atas dan ke samping layar monitor, semoga bermanfaat bagi Anda. Tetap tunggu artikel terbaru ya.. salam.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon