CARA CEK UNTUK MENGETAHUI SITUS WEB/BLOG YANG MOBILE FRIENDLY

Kali ini, saya akan berbagi tentang cara cek untuk mengetahui situs web/blog yang mobile friendly. Situs Mobile friendly itu apa? Yaitu situs yang ramah terhadap perangkat mobile, dalam artian tampilannya bisa multi screen atau bisa sesuai dengan perangkat mobile yang digunakan seperti smartphone, hand phone, tablet dan keluarga gadget.

Contohnya ketika situs Anda dibuka di smartphone dengan ukuran tertentu, maka tampilan situs Anda pun akan menyesuaikan lebar dengan ukuran dari smart phone tersebut secara otomatis. Demikian juga ketika dibuka dengan tablet, atau perangkat mobile yang lainnya.

Seberapa pentingkah kita untuk membuat tampilan situs yang mobile friendly? Ini sangat penting sahabat. Sebab baru-baru ini google telah mengumumkan bahwa mulai tanggal 21 april 2015, google akan memperluas penggunaannya menjadi mesin pencari yang akan memperhatikan dan memberikan peringkat terhadap situs yang mobile friendly.

Itu artinya kita harus waspada dan siap untuk mengikuti anjuran dari google sendiri. Sebab kali ini mesin telusur akan memprioritaskan situs yang telah mendukung template yang mobile friendly tersebut, jika para pengunjungnya menggunakan perangkat mobile untuk mengetikkan kata kunci tertentu di google search.

Nah, sekarang bagaimana cara mengetahui web/blog yang kita miliki sudah mendukung perangkat mobile atau belum? Yuk ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Kita akan gunakan alat dari google web master tool untuk mengujinya. Silahkan masuk di SINI

2. Setelah itu pastekan alamat web/blog Anda di kotak MASUKKAN URL LAMAN WEB. Kemudian klik pada tombol ANALISIS. 


cara mengetahui web/blog yang mobile friendly

3. Jika muncul pemberitahuan MENGAGUMKAN, LAMAN INI MOBILE FRIENDLY. Itu artinya situs Anda telah mobile friendly.




NOTE: Jika ternyata laman web/blog Anda belum mobile friendly, segera lakukan tindakan untuk membuatnya mobile friendly. Itu semua agar web/blog Anda semakin disayang oleh google, dan ditempatkan pada baris terdepan pencarian melalui perangkat mobile.

Oke, sekian tulisan singkat tentang cara mengetahui situs yang mobile friendly atau tidak, semoga bisa memberikan sedikit manfaat kepada Anda. Baca artikel lainnya ya.. :D

1 komentar so far

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon