PENGERTIAN DAN FUNGSI EBOOK YANG PERLU DIKETAHUI

PENGERTIAN DAN FUNGSI EBOOK=>Apakah Anda gemar membaca buku? Jika iya, maka Anda sama seperti saya yang juga hobi membaca. Saya yakin jika Anda rajin membaca maka Anda pun akan memiliki banyak pengetahuan dan wawasan dari apa yang telah Anda baca tersebut.

Nah, untuk menambah wawasan, biasanya kita akan membeli buku-buku baru lagi di toko buku terdekat atau di toko buku secara online. Dan tentu, buku yang banyak tersebut akan kita simpan di suatu tempat di rumah kita di mana kita bisa mengambilnya kapan saja.



Bicara tentang baca membaca, di era teknologi yang kian berkembang pesat ini, pasti Anda pernah mendengar yang namanya ebook. Kata ebook sendiri sering bertebaran di internet, dan sering dijual-jual oleh banyak orang melalui internet. Tapi, apakah ebook itu? Dan apa pula fungsinya? Yang ingin tahu, silahkan dibaca lebih lanjut.

PENGERTIAN EBOOK

Ebook adalah singkatan dari electronik book. Atau jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi buku elektronik. Ebook adalah sebuah buku panduan dalam versi digital, di mana buku tersebut dapat dibuka melalui perangkat elektronik. Contoh alat elektronik: komputer, gadget, hanphone dll.

Nah, sebenarnya ebook sama saja dengan buku-buku biasanya. Hanya saja ebook tidak lagi menggunakan lembaran-lembaran kertas untuk menyusunnya menjadi satu buku yang utuh. Sebab, ebook disusun menggunakan teks atau gambar yang berupa digital.

FUNGSI EBOOK

Ebook berfungsi seperti buku-buku lainnya, di mana fungsi utamanya adalah sebagai media pembelajaran (untuk mencari ilmu dari ebook atau berbagi ilmu ke ebook). Anda bisa mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu dari ebook yang telah dibuat oleh banyak orang. Dan ebook tersebut bahkan ada yang dibagikan secara gratis dengan berbagai jenis ebook. 

Anda juga bisa berbagi tentang ilmu Anda melalui ebook. Misalnya: Anda memiliki keahlian tentang servis komputer. Nah, Anda bisa membuat ebook tentang tutorial komputer dan menjualnya atau membagikannya secara gratis di internet. Untuk ebook tentang bagaimana bisa menghasilkan uang dari internet dan lainnya, saya sudah berikan contohnya di akhir artikel ini.. :)



KELEBIHAN EBOOK DIBANDING BUKU BIASA

Tentu, setiap alat yang baru itu akan membawa banyak kelebihan dibanding alat yang lama. Sama halnya dengan ebook yang juga membawa beberapa kelebihan  dibanding buku biasa. Apa kelebihannya?

1. Untuk mendapatkannya sangat mudah

Ebook, untuk mendapatkannya lebih mudah dibanding Anda mendapatkan buku biasa. Dengan duduk di depan komputer atau gadget secara online, dalam waktu yang tidak terlalu lama pun Anda bisa mendapatkan ebook yang Anda inginkan. Sebab ebook bisa juga Anda download secara gratis di internet.

Namun bagi ebook yang dijual, tentunya masih akan ada proses pembayaran lagi yang harus Anda lakukan. Dan ini terkadang memerlukan waktu lagi. Tapi, tetap saja waktu itu tidak selama jika Anda harus pergi ke toko buku yang jauh, misalnya berjarak ratusan kilo meter dari kampung Anda.

2. Untuk membuatnya sangat mudah dan tidak terlalu banyak biaya

Berbeda dengan pembuatan buku biasa, ebook sangat mudah dibuat. Anda hanya perlu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat ebook seperti aplikasi pembuka pdf, dan lain-lain. Mengapa mudah membuatnya? Pertama, Anda bisa membuatnya di mana pun Anda pergi (asalkan ada media seperti laptop dll) Kedua, jika ada kesalahan dalam ebook, Anda bisa memperbaiki kesalahan tersebut dengan cara mengeditnya. Ini tidak akan bisa dilakukan jika Anda telah mencetak buku biasa.

Masalah biaya, tentunya untuk membuat ebook jauh lebih hemat. Anda hanya perlu komputer atau laptop, aplikasi gratis, dan koneksi internet yang cukup. Ebook pun bisa Anda gandakan sebanyak mungkin tanpa batasan, dan tanpa biaya lagi seperti kertas, tinta, dll.

3. Mudah disimpan dan di bawa-bawa

Ukuran ebook yang kecil, memberi kelebihan tersendiri bagi penggunannya. Anda tidak perlu lagi membuat ruangan khusus untuk menyimpan buku-buku Anda. Sebab ebook bisa disimpan di dalam berbagai media penyimpanan seperti flashdisk, memory card, harddisk eksternal dll. Dan Anda pun dengan mudah membawanya ke mana-mana.

Jika Anda mudah membawanya ke mana-mana, maka dengan menyimpannya di perangkat mobile seperti laptop dan gadget, berarti Anda pun dengan mudah juga membacanya di mana pun. Meskipun tidak terkoneksi dengan internet.

4. Tidak perlu perawatan

Ebook, tidak perlu Anda rawat layaknya buku yang harus disimpan dan dijaga dari kerusakan. Ebook tidak akan kotor, jadi tidak perlu Anda bersihkan setiap saat. Ebook tidak di makan rayap, tidak basah, tidak sobek dll. Sebab ebook dalam bentuk digital.

CONTOH-CONTOH EBOOK PENGHASIL UANG




Yang harus Anda lakukan adalah merawat tempat penyimpanan ebook tersebut agar jangan sampai rusak atau hilang. Mudah saja. Gandakan ebook di beberapa tempat penyimpanan. Selain itu, Anda juga perlu membaca tips mengamankan data penting agar tidak hilang.

Masalah kelebihan ebook, sebenarnya masih banyak lagi. Hanya saja saya merasa dari 4 poin di atas cukup untuk meyakinkan Anda bahwa ebook memiliki banyak kelebihan. Namun, tetap saja bahwa ebook juga memiliki kekurangan. Seperti: jika perangkat elektronik yang digunakan untuk membuka ebook tidak dapat dihidupkan karena beberapa hal, berarti ebook tidak bisa dibaca kecuali sebelumnya telah dicetak di kertas.


Nah sahabat, mungkin hanya ini saja yang bisa saya berikan tentang pengertian ebook, semoba bisa menambah ilmu Anda. Jangan lupa baca artikel lainnya yang Anda sukai ya.. :)

1 komentar so far

apakah ada link yang bisa kita pakai untuk unduh ebook gratis?

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon