Cara Memberi Nama Dan Password Di Router Wifi D-link

Hai sahabat, masih ingin belajar komputer dan internet bukan? Nah, kalau iya, saya ingin berbagi lagi tentang Cara Memberi Nama Dan Password Di Router Wifi D-link. Harap dimaklumi kalau tutorialnya sangat sederhana sekali ya sobatku, yang penting kan bisa dimengerti dengan baik. Malahan kalau ada yang kurang jelas boleh bertanya kok. Tapi syaratnya baca dulu sampai tuntas ya..

Jadi pemberian nama dan password ini adalah setting awal jika Anda baru saja membeli dan memasang router wifi merek D-Link. Pasti sudah pada tahu kan apa itu router wifi? Gini lo, router wifi itu ya alat yang biasa digunakan di cave-cave, yang bisa menyebarkan internet melalui wifi. Router wifi ini juga disebut acces point kalau tidak salah.

Nah, jika Anda baru membelinya, maka router wifi d-link ini belum bisa digunakan. Sebab nama yang terbaca di laptop masih default dari D-link. Oleh karena itulah, merubah namanya menjadi yang Anda inginkan serta memberinya kode password sangatlah penting. 

Sebagai contoh, saya ingin memberi nama wifi pada router wifi yang saya kerja ini, menjadi SUMBER BANGUNAN. Kebetulan pemilik wifinya adalah pemilik toko SUMBER BANGUNAN. Kemudian, karena saya ingin agar wifi SUMBER BANGUNAN tidak digunakan orang lain seenaknya, maka saya beri password agar orang lain tidak bisa mengakses wifi SUMBER BANGUNAN tersebut.

Nah, agar nama SUMBER BANGUNAN tersebut yang muncul di laptop atau smartphone Anda, Anda perlu melakukan setingan dulu terhadap router wifi D-linknya ya sahabat. Untuk caranya, silahkan deh baca di bawah ini.

Cara Memberi Nama Dan Password Di Router Wifi D-link

1. Hidupkan dulu router wifi d-link Anda, dan colokkan kabel lan ke port LAN ya,  yaitu yang warna hitam dibelakan router tersebut. Ada 4 lubang itu. bukan yang Warna kuning lo. Nah, kabel lan yang ujung satunya dicolok di komputer atau laptop.

2. Buka aplikasi browser di komputer, laptop atau gadget Anda. Boleh menggunakan mozilla firefox, google chrome atau yang lainnya. Kemudian ketik di address bar Ip "192.168.0.1" tanpa tanda kutip ("). Tekan enter.

2. Setelah itu, Anda akan dibawa ke situs resmi untuk router d-link seperti gambar berikut.

setting router wifi d link

  • Kolom SSID, itu adalah tempat pemberian nama wifi yang akan terbaca di laptop. Silahkan beri nama di situ sesuka Anda.
  • Kolom KEY, itu adalah password yang akan Anda gunakan. Isi saja passwordnya seperti yang Anda mau. Minimal 8 karakter, maksimal 63 karakter.
  • Setelah semua Anda isi, silahkan klik tombol SAVE AND CONNECT seperti pada gambar.
Tunggu beberapa saat. Sebab settingan memerlukan proses refresh untuk menyimpan setelannya. 
Setelah beberapa menit, periksalah pada bagian wifi laptop Anda. Jika ada nama wifi yang muncul seperti yang telah Anda buat, klik nama itu, dan klik CONNECT. Kemudian masukkan password seperti yang Anda buat tadi.

Tes gunakanlah untuk internetan (jika wifi router telah terhubung ke internet) Jika sudah bisa konek, berarti Anda telah berhasil sahabatku. Selamat ea.. :)

Yah, sampai di sini saja tutorial pemberian nama dan passwod pada Router Wifi D-Link, semoga bisa membantu Anda. Saya sangat senang jika Anda mau bertanya atau menambahkan. Silahkan.

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon