Cara Mengetahui Jumlah Bermacam File Di Dalam Folder Dengan Cepat

Cara Mengetahui Jumlah Bermacam File Di Dalam Folder Dengan Cepat-Assalamualaikum, tidak terasa ya, hampir semalaman begadang sekarang kok sudah pagi. Ya mungkin asik menulis kali ya sampai-sampai lupa tidur lagi he he.. Maklum lah, kejar setoran. Jadi ya harus sering melotot di depan komputer.

O iya sobat, kali ini saya ingin berbagi tentang cara menghitung/mengecek jumlah file yang ada di dalam sebuah folder. Jadi, kita bisa mengetahui berapa jumlah file foto, musik, dokumen, dan file jenis lainnya dengan cara yang akan kita praktekan di bawah ini. Dan tentunya, seperti biasanya jangan dulu tutup tulisan ini sebelum membacanya sampai tuntas.

Namun sebelumnya Anda harus tahu dulu apa keuntungannya jika Anda mengetahui cara yang kita bahas ini. Keuntungannya ya cukup banyak. Anda bisa lebih protek lagi terhadap file berharga Anda. Karena biasanya dalam satu folder itu bisa saja diisi dengan ratusan bahkan ribuan file. Nah, kalau Anda tidak menghitungnya, kemudian hilang satu dua file, kan Anda tidak tahu kalau ternyata file Anda telah hilang. Oleh karena itulah, menghitung jumlahnya berapa, kemudian membuat catatan pengingat akan jumlah tersebut, juga menurut saya cukup penting.

Misalnya begini: Anda bekerja di bagian input data di kantor Anda. Kemudian Anda disuruh menyimpan foto-foto dari seluruh pegawai di kantor Anda. Nah, saat proses penginputan Anda telah selesai, pasti Anda tidak bisa memastikan, apakah foto yang Anda simpan di folder tadi sudah lengkap atau belum. Masalahnya, dari ratusan orang pegawai kantor misalnya, tidak mungkin Anda menghitungnya secara manual satu persatu. Sebab cara seperti itu memakan waktu yang cukup lama dan tentunya juga kurang akurat. Malahan, ada kemungkinan dapat terjadi kesalahan.

Oleh karena itulah, dengan cara yang akan saya bagikan ini Insya Allah, waktu Anda cukup beberapa detik, maka Anda akan mendapat informasi berapa jumlah file di folder penyimpanan komputer Anda. Oke, mari simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara mengetahui jumlah file gambar, file foto, file dokumen di folder dengan cepat

1. Cari target folder yang akan kita ketahui berapa file di dalamnya. Kemudian, klik kanan pada folder tersebut, dan pilih properties.

cara mengetahui jumlah file di folder

Note: Untuk praktek ini saya menggunakan folder bernama FOTO, yang tersimpan di partisi D. Selain klik kanan dan pilih properties, untuk cara cepatnya Anda bisa sorot folder foto tersebut, kemudian tekan ALT+ENTER di keyboard Anda. ALT+ENTER sama saja untuk memunculkan jendela properties. Hanya saja, ini cara yang lebih praktis tanpa harus menggoyangkan mouse Anda.

2. Setelah itu akan muncul jendela baru, berupa informasi rincian dari folder FOTO tersebut

cara menghitung jumlah file di dalam folder

3. Perhatikanlah pada bagian CONTAINS yang saya beri kode kotak merah. Di situ ditulis 183 files, 4 folder. Itu artinya, di dalam folder FOTO yang dijadikan praktek kali ini terdapat183 file, dan 4 folder lagi di dalamnya. File yang dihitung termasuk file yang ada di sub folder (folder di dalam folder FOTO) tersebut. Dan folder yang terhitung tersebut, itu juga termasuk folder yang di dalam folder, kemudian di dalam folder lagi. 

O iya sobat, Anda juga bisa mengecek jumlah file di sebuah folder, tidak hanya dari klik kanan folder tersebut kemudian klik properties seperti cara di atas. Namun Anda juga bisa masuk dulu di foldernya, kemudian blok seluruh file di dalamnya dengan cara tekan CTRL+A di keyboard, kemudian tekan ALT+ENTER di keyboard Anda.

Ya sudah, pilihlah mana saja cara yang paling Anda sukai. Yang terpenting Adalah, Anda telah mengetahui caranya. Demikian tulisan singkat tentang cara mengetahui jumlah file di folder komputer, semoga ada manfaatnya.

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon