Cara Sederhana Mengatasi Browser Yang Lemot Untuk Internetan

Cara Mengatasi Browser Yang Lemot-Memang susah kalau internetan tapi browsernya lemot. Entah itu google chrome, mozilla firefox, safari, internet explorer atau browser apa, yang jelas kalau lemot ya bakal susah. Rasanya ingin banting keyboard ke arah monitor. Tapi itu cuma rasanya lo ya, padahal sayang sekali kalau sampai dibanting betul. Lha wong belinya saja susah payah banting tulang kok he he..


browser lemot

Paket internet sudah beli yang mahal-mahal, tapi kalau browser dipakai browsing tetap saja lemot, lambat, atau lalot. Ya kalau begini kan rugi dong jadinya. Apa lagi kalau Anda berlangganan internet di jasa profider internet yang biaya paket bulanannya mahal. Kan jadi lebih rugi lagi tuh..

Perlu diketahui, bahwa tidak semua proses browsing atau internetan yang lambat itu akibat koneksi internetnya yang bermasalah. Bisa jadi, browser Anda lah yang memang bermasalah. Mungkin mulai terserang virus, bisa jadi sering eror, bisa jadi banyak malware yang nempel di browser Anda, atau segudang alasan lainnya.


Yang jelas, kalau browser mulai lambat, Anda harus mengetahui cara mengatasinya. Untuk itu, yuk baca lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Browser Yang Lemot

1. Bersihkan history atau bekas penelusuran browser

Perlu Anda ketahui, pada settingan default sebuah browser, pasti akan menyimpan bekas penelusuran Anda saat internetan. Intinya, apa pun yang Anda lakukan di internet akan direkam dan disimpan di dalam browser. Dan file tersebut tentunya masuk di dalam komputer juga. Nah, kalau histroy sudah menumpuk, bisa mengakibatkan browser Anda menjadi lemot sobatku.

Makanya, untuk mengatasi browser yang lalot, ya langkah pertama Anda harus membersihkan bekas-bekas penelusuran yang sudah menumpuk. Baru, setelah itu lanjut menerapkan langkah kedua. Saya memiliki artikel yang berhubungan dengan ini. Silahkan dibaca ya sobatku,,

Cara membersihkan history di google chrome

2. Bersihkan virus, malware dan spyware di browser Anda

Sekarang nih, ulah virus dan keluarganya semakin hari semakin menjengkelkan saja. Pasalnya, mereka juga bisa membuat browser kita menjadi lambat loadingnya. Padahal kalau cek kecepatan internetnya, hasilnya normal-normal saja. Tapi kalau dipakai internetan kok lambat.

Wah, ini kebanyakan adalah ulahnya malware dkk tuh.. Saya sering kok mendapatkan masalah seperti ini. Kadang malah muncul iklan-iklan otomatis dari malware tersebut. Ini tidak bisa hilang kalau kita hanya membiarkannya begitu saja.

Kalau untuk malware yang berupa: menampilkan iklan otomatis, mungkin Anda perlu membaca cara menghapus iklan between lines di browser. Kalau gangguannya berupa virus komputer, Mungkin Anda perlu membersihkannya terlebih dahulu, dengan membaca cara membersihkan virus di komputer dengan smadav.  Semoga membantu..

3. Setting browser Anda menjadi default kembali

Kadang, malware, virus atau apalah jenisnya ketika sudah masuk ke browser akan mengontrol browsernya dan merubah settingan-settingan di browser Anda menjadi yang diinginkan si virus. Misalnya: mereka merubah browser Anda agar menampilkan iklan otomatis saat Anda membuka dan menggunakan browser Anda seperti yang sempat saya singgung pada poin 2. Nah, ini memakan bandwidt yang banyak lo sobat. Makanya harus diatasi.

Dengan mengatur settingan browser Anda dengan yang seperti semula, Insya Allah malwarenya tidak berkutik lagi. Tapi, saya juga pernah mengalami masalah yang meskipun browser sudah saya kembalikan ke bentuk defaultnya, masalah masih tetap sama. Iklan masih tetap muncul dan tentunya memperlambat proses loading dari apa-apa yang kita buka di internet. Untuk itu, lanjut ke langkah berikutnya.

4. Upgrade browser Anda

Upgrade browser di sini berarti menggantinya dengan versi yang lebih tinggi dibanding sebelumnya. Misalnya sekarang Anda menggunakan mozilla firefox versi 5.0. Nah, berarti Anda harus menggantinya dengan update terbarunya yaitu 5.1. Itu hanya contoh.

Yang jelas, dengan meng-upgrade browser di komputer, laptop atau smartphone Anda, biasanya ini juga akan otomatis mengatasi browser yang lemot tanpa harus membersihkan historynya, mallwarenya, atau mengembalikannya ke settingan default. Karena jika diupgrade maka browser menjadi baru lagi termasuk settingannya menjadi yang seperti semula.

Cara ini juga menjadi cara yang praktis menurut saya. Anda tidak perlu otak-atik settingan segala, atau kejar-kejaran dengan malware, maka proses mengatasi browser yang lalot pun menjadi lebih mudah. Anda tinggal download browser terbaru, kemudian menginstalnya di komputer, laptop atau android Anda.

Untuk masalah cara instalnya juga tidak rumit-rumit sekali kok. Tapi, lebih baik hapus dulu browser Anda sebelum diganti dengan yang baru. Untu penginstalannya, coba baca referensi berikut ini.

cara instal uc browser

cara instal mozilla firefox

Setelah Anda menginstalnya, langsung saja coba sensasinya. 

Sahabat, dari sekian banyak tips yang ada, poin yang keempat adalah yang paling saya sukai. Itu karena cara ini yang paling paten menurut saya. Malahan kalau segala cara sudah tidak bisa ditangani, lebih baik meminta bantuan kepada teknisi internet di kota Anda.

Mungkin cukup ini saja yang bisa saya tulis kali ini, semoga da manfaatnya untuk Anda. Assalamualaikum.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon