Jawaban Mengapa Komputer Harus Menggunakan Driver

Dulu saya sering bertanya-tanya, Mengapa Komputer Harus Menggunakan Driver? Kalau komputer tidak memakai driver apa akibatnya? Yang jelas pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering muncul sobatku.. Maklum, kan baru mengenal komputer, dan baru belajar komputer juga. Makanya rasa penasaran pun tinggi.

mengapa komputer harus menggunakan driver

Tidak ada salahnya kan bertanya-tanya karena ingin tahu sesuatu? Apa lagi ini menyangkut teknologi komputer. Jadi, kita harus sering-sering mencari informasi seperti itu sebanyak-banyaknya agar kita lebih tahu lagi. Itu juga untuk kemajuan pengetahuan anak bangsa ya sobatku..

Nah, sekarang kalau bicara tentang komputer, maka saya beri tahu ya sobat. Di dalam sistem komputer itu ada software yang diberi nama driver. Pada umumnya, driver diinstal setelah penginstalan sistem operasi, atau lebih dulu sebelum penginstalan aplikasi lainnya. Setidaknya itu adalah hal yang terbaik menurut saya.

Mengapa driver komputer perlu diinstal? Ya karena fungsinya sangat-sangat penting. Apa fungsinya? Jadi driver adalah software yang berfungsi untuk memperkenalkan hard ware-hard ware komputer ke sistem operasi komputer itu sendiri. Sedangkan contoh hard ware yang perlu dikenali oleh sistem operasi seperti: VGA, SOUND CARD, LAN, CHIPSET, dll

Jadi kalau Anda selesai menginstal ulang sistem operasi Anda, Misalnya menggunakan windows 7 atau windows xp, maka hard ware yang saya sebut sebelumnya itu belum bisa difungsikan dengan baik, atau bahkan tidak bisa difungsikan sama sekali. Contoh: sound tidak bisa berbunyi, LAN card tidak bisa digunakan untuk mengkonekkan jaringan komputer, VGA tampilannya tidak bisa dikecilkan, dll

Oleh karena itulah, untuk mengatasi problem yang seperti itu kita perlu menginstal driver di komputer atau laptop Anda. Namun demikian, sistem operasi terbaru seperti windows 8 dan 10 secara perlahan mulai bisa mendeteksi driver komputer atau laptop secara otomatis. Tapi, tetap saja saya sarankan untuk menginstal komputer Anda dengan driver aslinya supaya lebih bagus.

Jadi kesimpulan tulisan ini adalah, driver sangat diperlukan guna memperkenalkan beberapa perangkat keras komputer ke dalam sistem operasi agar bisa digunakan dengan baik. Jadi setelah instal sistem, jangan lupa drivernya ya.. :)

Mungkin hanya sampai di sini saja tulisan saya tentang mengapa komputer harus menggunakan driver, semoga ada manfaatnya.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon