Berhasil Memperbaiki Komputer Hidup Tapi Tidak Tampil Di Monitor

Memperbaiki Komputer Hidup Tapi Tidak Tampil Di Monitor-Ceritanya nih, beberapa minggu yang lalu teman saya kontak lewat sms mengabarkan kalau komputernya mati. Nah, pas saya cek, ternyata komputernya hidup, tampak kipasnya jalan, lampu indikator juga menyala. Cuma, komputer tersebut tidak mau tampil di monitor.

Ya sudah, saya langsung cek dengan sedikit kemampuan saya. Langkah awal saya membongkar cpu-nya. Selanjutnya membersihkan memorinya dengan penghapus, seperti pada artikel sebelumnya tentang cara memperbaiki memori laptop yang rusak. Setelah memorinya saya bersihkan, memori tersebut saya pasang kembali untuk mengetes komputernya. 

Tapi sebelum mengetes komputernya, usahakan kabel power dan kabel sata pada hard disk dicabut dulu dari mainboard ya sobatku biar hard disknya tidak bermasalah. Maksudnya supaya pas menghidupkan komputernya untuk dites, hard disk tidak terkonek dengan komputer. Kan kalau ternyata percobaan tidak berhasil, pasti kita akan mematikan komputer dengan paksa. Dan itu tidak baik untuk hard disk.

Nah, Pas saya hidupkan setelah memorinya saya bersihkan, Alhamdulillah ada tampilan di monitor seperti saat komputer booting pertama. Saya lihat adik teman saya sangat senang melihatnya. Ya sudah.. langsung deh saya tes menggunakan hard disk untuk memastikan bisa masuk windowsnya atau tidak. Dan ternyata, komputer tersebut bisa masuk windows dengan normal.

komputer tidak tampil

Maaf kalau gambarnya kurang bagus. Soalnya malam, pakai hp jadul dengan kamera seadanya. Yang jelas, sudah ada tampilan di monitor itu pertanda bahwa masalah komputer tersebut sudah teratasi. Tidak sampai 30 menit, komputer yang tidak ada tampilan di monitor ini bisa saya selesaikan.


Sobatku, untuk komputer pc, jika sobat mendapatkan masalah seperti ini maka bersihkan dulu memorinya. Kalau tidak tampil juga, cabut komponen-komponen di mainboardnya (memori, hard disk, prosesor, LAN CARD, VGA card) dan komponen lainnya seperti kabel-kabel yang terpasang di mainboard. Kemudian setelah itu bersihkanlah menggunakan kuas saja dan pasang kembali. Kebanyakan komputer pc yang mati hanya dengan cara tersebut bisa hidup kembali. Tapi ingat, "kebanyakan" bukan semuanya.

Baca juga: Perlunya membersihkan komputer dari debu

Oke deh, demikian saja tulisan saya tentang pengalaman memperbaiki komputer hidup tapi tidak tampil di monitor, semoga bisa membantu mengatasi problematika komputer Anda... :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon