Nama Email Sudah Digunakan Oang Lain? Wha44t?

Katakanlah ada sebuah cerita, tentang seorang gadis remaja yang ingin membuat email. Karena ia ingin menggunakannya untuk mendaftar facebook, maka ia telah memikirkan alamat email yang unik dalam beberapa malam terakhir.

Bahkan si dia, sebut saja juminten, sudah meminta bantuan mbah dukun segala untuk mencari alamat email yang bagus. Nah, setelah mbah dukun selesai semedi, ia langsung kasih saran si minten untuk menjadikan namanya sebagai alamat email. Minten pun mulai pergi ke warnet dari jam 2 malam. (maaf saya potong sampai di sini biar ceritanya gak kepanjangan)

Singkat cerita si minten sudah sampai di warnet. Di depan komputer ia bersemangat dan masuk gmail.com. Inilah saat yang ditunggu-tunggu. Pas dia ngetik alamat email (saat pendaftaran) sesuai saran dukun, ternyata malah si mbah google memberi kabar bahwa nama email pengguna tersebut sudah digunakan orang lain. Nampaknya mbah dukun sama mbah google lagi gak konek nih -_-

nama email digunakan orang lain
Walah, si minten langsung keluar warnet tanpa sempat permisi. Dan tentu, dia juga keluar tanpa sempat membayar pajak kepada penjaga warnetnya. Dia kembali lagi ke mbah dukun untuk minta kejelasan tentang masalah tersebut. Mbah dukun yang asik di depan laptop sambil internetan bilang. "walah jum,, aku tadi belum cek di gmail. Ternyata emang bener yang kamu bilang, nama juminten sudah ada. Sori ya sis.. ??"

Nah sobatku, dari cerita tersebut, ada pertanyaan besar yang bisa kita jadikan PR bersama. Mengapa nama pengguna di e-mail baik di yahoomail, gmail, rocket mail dll sudah digunakan orang lain? 

Jawabannya ya simpel sekali. Karena orang lain sudah menggunakan alamat email yang sama persis lebih dulu dibanding Anda. Mau jawaban yang lebih simpel? Karena Anda kalah cepat dibanding orang lain untuk membuat nama email yang Anda inginkan.

Seperti contoh nama juminten. Ada ribuan mungkin bahkan ratusan ribu orang di seluruh dunia ini yang memiliki nama juminten. Dan tentu, dari ratusan ribu tersebut pasti ada yang menggunakan kata "juminten" untuk menjadikannya sebagai nama atau alamat email. Dan sekali sudah dibuat, orang lain tidak akan bisa membuatnya lagi dengan alamat yang sama persis. 

Namun demikian, saya ingin berbagi tips trik khusus agar Anda paling tidak bisa menggunakan kata "juminten".

1. Mendaftar e-mail di tempat yang berbeda.

Sebagai contoh: tadinya Anda mendaftar email di gmail.com. Tentunya Anda menggunakan alamat email unik juminten@gmail.com. Namun jika nama email tersebut tidak bisa, silahkan mendaftar di yahoo mail atau tempat pendaftaran email gratis lainnya. Insya Allah masih ada celah kesempatan untuk Anda. Jadi, nantinya alamat email Anda menjadi begini juminten@yahoo.co.id atau juminten@yahoo.com atau juminten@rocketmail.com jika Anda membuat email di rocketmail. Dan masih banyak lagi kok. Silahkan dicoba..

2. Gunakan nama email unik

Nama email unik yang saya maksud seperti: nama email yang menggabungkan antara karakter, angka dan tentunya huruf. Contohnya kalau nama Anda juminten, maka gunakan email jum1nt3n@gmail.com. Ada penggantian huruf "i" menjadi angka 1, dan huruf E menjadi angka 3. Mudah kan? coba kreasikan sendiri nama email sebanyak-banyaknya sampai bisa.

Nah sobatku, kalau nema email telah tersedia saat Anda mendaftar e-mail, jangan terlalu dipusingkan. Masih banyak kok jalan menuju roma. Pastinya Anda tidak perlu ke dukun lagi kan? he he..

Oke deh, demikian saja tulisan saya tentang nama email yang sudah digunakan orang lain, semoga apa yang saya tulis kali ini bisa memberikan manfaat meskipun tidak banyak. Wassalamualaikum.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon