Inilah Saat Yang Tepat Untuk Menambah Memory/RAM Komputer Dan Laptop

Saat Anda menggunakan komputer pc atau pun laptop, pasti pernah mengalami Komputer atau laptop Anda menjadi lalot, lambat atau sering terkancing-kancing". Hal itu disebabkan oleh banyak faktor loh sobatku.. Dan salah satu faktor yang sering saya dapatkan adalah memory/RAM komputer yang Anda gunakan berukuran kecil. Yang jelas, intinya memori komputer tersebut tidak mencukupi kebutuhan pengoperasian komputer Anda.

menambah memori kompupter

Tentunya kalau memorinya kecil akan sangat menghambat pekerjaan Anda. Ingin buka ini lambat, buka itu lalot, itu akibat memori sudah penuh saat digunakan membuka berbagai aplikasi. Kalau begini ya tidak ada jalan lain selain menambahnya agar kinerja komputer Anda bisa optimal. Tapi, kan alangkah lebih baik kalau mengeceknya terlebih dahulu apakah komputer atau laptop Anda benar-benar membutuhkan penambahan memorinya atau tidak? Kan gitu.

Intinya, yang akan kita lakukan ini adalah mengecek apakah memori yang kita miliki ini cukup untuk memenuhi kebutuhan komputer kita? Kalau tidak, nanti terserah Anda apakah mau melakukan penambahan atau tidak. Nah, untuk mengeceknya, kita akan kupas tuntas di sini dengan cara yang paling simpel.

Oke, tak panjang lebar lagi silahkan ikuti cara melihat pemakaian memori komputer berikut ini.

1. klik kanan pada taskbar Anda, kemudian pilih task manager. (jika menggunakan sistem operasi windows)

2. Yup, pada jendela task manager, klik pada tab performance.


menambah ram laptop

Nah, pada tab performance inilah, Anda bisa melihat seberapa besar ruang memori yang terpakai di komputer Anda, dan sisa pemakaiannya berapa. Coba perhatikan. 

Pada bagian physical memory (MB) yang saya beri tanda kotak merah, di situ terlihat bahwa pemakaian memori total adalah 858 MB. Sedangkan FREE-nya adalah 0 alias tidak ada lagi. Hal itu karena Pada physical memory (yang saya beri kotak biru) pemakaian memorinya sudah 96%. Benar-benar di ambang batas pemakaian maksimal. 

Makanya, kalau komputer atau laptop Anda digunakan untuk membuka aplikasi lainnya lagi, ya pasti akan menjadi sangat lambat. Bahkan kadang tertahan berhenti begitu saja. Banyak masalah tersebut yang disebabkan oleh hal ini loh sobatku..

Padahal, yang seharusnya terjadi agar komputer dapat bekerja secara optimal adalah: memori ram masih tersisa 50% untuk cadangan kalau kita membuka aplikasi lainnya. Atau paling tidak masih tersisa 30 persen lah, ini menurut saya..

Sekarang, kalau Anda ingin lebih memperyakin lagi tentang kinerja atau pemakaian ram laptop atau komputer Anda, gunakan saja komputer atau laptop Anda untuk membuka aplikasi yang biasanya Anda gunakan. Kemudian cek dengan memonitoring seperti cara di atas.. Kalau hasilnya menunjukkan free memorinya adalah 0, dan total pemakaiannya di atas 90%, silahkan tambah memori Anda menjadi lebih besar lagi.

Tapi ingat ya sobatku.. Anda hanya bisa menambah ram pada laptop yang memiliki lebih dari satu socktet memori. Kalau hanya satu, ya berarti Anda harus mensiasatinya dengan menggati memori Anda dengan ukuran yang lebih besar. Satu lagi, menambah memori tidak bisa digunakan kalau laptop Anda menggunakan  memori internal yang sudah paten dengan mainboardnya.

Demikian saja tulisan saya tentang saat yang tepat menambah memori laptop atau komputer semoga apa yang saya bagikan ini  memberikan manfaat. Aamin.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon