4 Kekurangan Menjual Barang Di Grup Facebook

Bagi sebagian internet marketing yang ingin berjualan barang secara online, facebook merupakan situs social media yang dinilai gurih untuk memuluskan penjualan. Semua tahu lah ya, sebagai situs sosial media yang selalu ramai digunakan setiap harinya, tentu bakal memberikan peluang tersendiri untuk meningkatkan penjualan online kita.

jual barang di grup facebook

Di fb/facebook, Anda dapat menjual barang dengan memanfaatkan grup-grup jual beli di sana. Dengan jumlah anggotanya yang puluhan bahkan ratusan ribu, dijamin deh akan banyak yang memperhatikan barang dagangan kita. Namun yang perlu kita ingat adalah, tidak selamanya berjualan barang di grup facebook itu enak dirasakan. Buktinya, ada-ada saja kekurangan berjualan barang di grup facebook yang akan kita rasakan. Dan berikut beberapa kekurangannya yang bisa saya tulis.

Kendala dan kekurangan jualan barang di grup facebook


1. Harus selalu online

Ini nih satu masalah pertamanya. Anda harus selalu online untuk menjual barang di grup facebook. Sebab calon pembeli kan melihat barang secara online. Meskipun Anda telah memberitahukan nomor hp Anda, tapi tetap saja sebagian besar dari mereka lebih suka komen atau mengirim inbox ke facebook Anda untuk bertanya-tanya.

Kalau Anda sibuk mengurusi pekerjaan rumah, atau kesibukan lainnya sehingga kurang memiliki waktu untuk online, ini akan mempengaruhi penjualan Anda. Saat orang lain ingin serius membeli barang Anda misalnya. Pas Anda ditanya lewat facebook, ee Anda lagi off. Ya bisa jadi orang lain sudah mencari barang di tempat lainnya kan?

2. Banyak yang PHP dan banyak tanya

Saat pertama kali Anda manayangkan iklan di grup facebook, maka jika barang jualan Anda terlihat menarik, banyak yang bakalan tanya-tanya, bahkan menghubungi Anda melalui inbox.. Tapi ya itu tadi, kebanyakan dari mereka hanya banyak tanya saja. Bahkan nih, kalau penjualnya adalah cewek, cowok-cowok cuman ngegombal saja kerjanya. Hedeh.. -_-

Kadang saya sedih dengan orang yang seperti itu. Tidak niat membeli, tapi hanya ribut kerjanya. Tanya ini itu, ujung-ujungnya tidak ada kabar. Mereka hanya PHP (pemberi harapan palsu). Sakitnya hampir sama kayak di PHP in cewek coy.. :( Inilah kekurangan menjual barang di facebook yang paling saya sebelin.

3. Hanya 30% saja kemungkinan barang terjual

Dari sekian banyaknya orang yang tanya ini itu, saya memperkirakan hanya 30% saja kemungkinan barang untuk terjual. Atau malah di bawah 30% kali ya. Soalnya, semua harus sadar bahwa berpromosi barang di grup facebook itu sama saja mempromosikan barang kepada orang yang belum butuh. Kita promosi gadget atau komputer misalnya. Tapi karena yang kita rayu adalah orang-orang yang belum butuh komputer, ya mereka kadang iseng-iseng bertanya ini itu, gak bisa kurang kah, speknya berapa, dan lain-lain, akhirnya enggak ada kabar lagi..

4. Banyak Yang asal Ceplos, nawar Barang Kayak Nawar Pakaian

Ini nih kekurangan jualan online lewat grup facebook yang cukup menyebalkan. Meskipun kadang banyak yang sok berminat, tapi nyatanya mereka keterlaluan juga kalau menawar barang. Misalnya barang dijual dengan harga dua juta nego. Eeh,, ada yang asal komen 1 juta angkutlah, kalau mau 900 ribu saya ambil lah, dan masih banyak lagi contohnya. Padahal, kalau penjual langsung bilang boleh belum tentu juga itu orang mau ambil..

Nampaknya keisengan seperti ini dirasakan oleh hampir semua penjual di grup facebook. Buktinya banyak sekali mereka yang setiap kali memasang postingan produk yang dijual, mereka selalu menekankan di awal dengan kata-kata yang cukup sadis, contonya: 1. Yang serius langsung telvon. 2 kalau PHP menjauh. 3. Kalau gak punya pulsa mendingan tidak usah sms. 4. Kalau mau PHP, ke laut saja. wkkk..

Sobatku, meskipun di grup facebook memiliki kekurangan untuk berjualan online, tapi banyak juga yang sukses berjualan online lewat grup facebook. Saya melihat mereka membuat grup sendiri yang khusus diberinama tentang produk yang mereka jual. Misalnya mereka menjual komputer. Ya mereka membuat grup facebook dengan nama jual komputer, komputer murah, atau harga komputer. Dengan demikian, anggota grup komputer yang dibuat akan lebih mudah menerima jualan Anda, karena lebih tertarget. Apa lagi sebab mereka bergabung ke grup tersebut adalah kemauan mereka sendiri dengan alasan ingin mencari komputer.

Demikian saja tulisan saya tentang kekurangan menjual barang di grup facebook, semoga apa yang saya tulis ini memberikan manfaat kepada Anda walaupun cuma sedikit. Wassalamualaikum :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon