Trik Mengganti Tema Gmail Agar Tampilannya Lebih Menarik

Bosan dengan tampilan/tema gmail Anda yang begitu-begitu saja? Maksudnya dengan warna background dominan putih dan sedikit abu-abu, kemudian dengan warna teks hitam yang membuat email milik google tersebut terlihat usang. Hem, saya sendiri juga bosan sobatku :)

Namun jika anda sudah membaca artikel ini, sekarang jangan hawatir lagi. Sebab saya ingin berbagi bagaimana cara mengganti tema gmail Anda tersebut, hingga membuat tampilannya menjadi lebih segar sesuai dengan apa yang Anda inginkan..

Sebenarnya di gmail telah disediakan tema yang sangat banyak, dengan gambar-gambar yang sangat menarik dan sedap dipandang. Hanya saja, banyak juga yang belum tau tentang hal itu. Lihat, berikut adalah contoh tema di gmail yang bisa Anda gunakan.
Contoh Tema Gmail
Oke, sekarang bagaimana caranya supaya tema-tema tersebut dapat dipakai di gmail? Mudah, ikuti saja langkah demi langkahnya di bawah ini.


1. Langkah pertama, silahkan masuk di gmail Anda dulu. 

2. Nah, setelah Anda masuk di email Anda, klik pada setelan (icon gir di pojok kanan atas email), kemudian klik pada tema seperti gambar berikut ini.
cara mengganti tema gmail
3. Setelah itu akan muncul jendela pilih tema seperti di bawah ini. Silahkan klik tema yang diinginkan, kemudian klik tombol simpan untuk menyimpan setelannya..
4. Setalah tombol simpan Anda klik, maka background email Anda akan menjadi seperti di bawah ini. (Klik gambar untuk memperbesar)


Silahkan lihat perbedaanya. Sekarang background email sudah menjadi berwarna hijau, dan tampak lebih menarik dibanding sebelumnya.


Modifikasi tema/background email tingkat Lanjut

Pada tingkat lanjut, Anda bisa mengubah warna latar pada kotak masuknya menjadi gelap, bisa juga memberi efek kehitaman pada sudut tema, atau memberikan efek blur pada tema yang telah Anda pilih. Selain itu, Anda juga bisa mengganti background gmail dengan foto sendiri. 

Baca juga: cara mengirim file foto, word, pdf lewat email

Oke, saya tak mau berpanjang lebar lagi..

Sekarang silahkan klik pada pengaturan, kemudian klik lagi pada tema seperti langkah nomor 2 di atas. 


1. Membuat latar teks email menjadi gelap

Sekarang masuklah pada jendela pilih tema tadi. Kemudian Anda bisa menggunakan tombol A di bawah untuk membuat background teks menjadi terang atau pun gelap.
Secara default, tema yang telah Anda pilih sebelumnya memiliki latar belakang teks berwarna terang seperti pada gambar langkah ke-4 di atas. Nah, sekarang jika Anda memilih gelap dan menyimpannya, maka latar belakang teks di gmail Anda akan menjadi seperti ini.


Latar sudah menjadi gelap. Tapi perlu dicatat, latar yang gelap tersebut cuma berlaku di tampilan pesan-pesan masuk atau keluar yang belum dibuka. Dan kalau sudah dibuka ya tetap saja, latar teksnya menjadi cerah alias putih.


2. Memberi efek Gelap Pada Sudut Tema Gmail

Kali ini kita akan membuat tema dari email kita memiliki efek gelap pada bagian pinggir-pinggirnya. Untuk itu, masuk pada pengaturan, dan pilih tema lagi. kemudian klik pada vinyet, geser ke kanan bola vinyet tersebut untuk membuat sudut tema yang semakin gelap. kalau sudah, klik SIMPAN dan lihat bedanya..


3. Memberi efek Buram pada tema gmail

Sekarang masih pada jendela tema gmail Anda, silahkan klik pada tombol buram seperti di bawah. Kemudian atur atau geser bola-bola yang ditunjuk panah nomor 2 sesuai keinginan Anda. Yang jelas, semakin Anda arahkan ke kanan maka tema Anda akan terlihat semakin buram. Jika Anda sudah memilih, klik simpan.


4. Mengganti bacground gmail dengan foto Sendiri

Nah, trik yang ini sedikit lebih ribet. Tapi hasilnya akan memuaskan, karena tema gmailnya menggunakan gambar atau foto kita sendiri. Yuk, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.
  • Masih pada tampilan pilih tema, silahkan klik pada tombol FOTO SAYA seperti yang saya tunjuk tanda panah merah di bawah ini.

  • Sekarang klik pada UNGGAH FOTO, kemudian klik lagi PILIH FOTO DARI KOMPUTER ANDA.
  • Pada jendela open, silahkan cari dan pilih foto yang ingin Anda jadikan bacground email. Klik saja foto yang diinginkan, kemudian klik tombol OPEN
  • Setelah tombol open Anda klik, maka akan ada proses mengupload foto Anda tadi. Lamanya proses tergantung besar kecilnya ukuran Anda ya sobat. Nah, setelah proses upload selesai, maka foto akan masuk pada jendela pilih tema. Klik foto tersebut, kemudian klik simpan dan lihat hasilnya.
merubah backgroun gmail dengan foto sendiri
Sekarang jika Anda berhasil, maka background gmail Anda sudah menjadi foto Anda sendiri. Mudah kan sobatku?

Saya rasa artikel ini sudah membahas lengkap materi kita kali ini. Namun jika masih ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan lewat komentar.. 

Oke, demikian artikel singkat ini, semoga bisa memberi manfaat untuk Anda.. Wassalamualaikum.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon