Cara Mematikan Komputer Dan Laptop Yang Benar Di Windows 7

Cara Mematikan Komputer Dan Laptop Yang Benar Di Windows 7-Untuk mematikan (shut down) laptop dan komputer Anda, ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan sebelumnya. Hal-hal tersebut termasuk cara yang benar, serta tips-tips yang benar untuk mematikannya. Tentunya cara serta tips tersebut bisa kita satukan, yaitu menjadi "prosedur yang benar untuk mematikan laptop dan komputer"

Mengapa penting sekali untuk mematikan komputer sesuai prosedur yang benar? Itu semua demi keamanan komputer Anda, baik dari sisi software mau pun dari sisi hardwarenya.

Misalnya keamanan dari sisi softwarenya, agar aplikasi dan sistem operasi Anda tidak terjadi eror, cepat rusak dan sebagainya. Sedangkan untuk hardware, misalnya: agar hard disk Anda tetap aman, awet serta berkinerja baik.

Sedikit saya ceritakan, bahwa banyak pengguna komputer yang hard disk mereka cepat sekali mengalami kerusakan, ternyata akibat kesalahan mematikan komputer. Oleh karena itu mematikan komputer harus sesuai dengan prosedur yang benar, agar komputer Anda tetap awet dan tahan lama.

Tapi ternyata beda sistem operasi, beda pula cara untuk mematikannya. Tapi maaf, kali ini saya hanya akan menjelaskan bagaimana mematikan komputer dan laptop hanya di windows 7 saja. Baiklah bagaimana caranya? Silahkan simak di bawah ini.

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan terlebih dahulu, bahwa tidak ada program dan aplikasi yang terbuka di komputer Anda. Jika ada yang masih berjalan atau terbuka, silahkan tutup dulu aplikasi tersebut. Jangan lupa juga sebelum menutupnya, untuk menyimpan terlebih dahulu hasil kerja Anda, seperti microsoft word, photo shop dll.

2. Langkah selanjutnya adalah, klik pada tombol windows di pojok kiri bawah layar Anda, kemudian klik pada tombol shut down. Silahkan lihat gambar di bawah ini.

mematikan komputer laptop yang benar

3. Selanjutnya akan ada proses shutting down. Biarkan hingga komputer atau laptop Anda benar-benar mati. Untuk memastikan apakah komputer Anda telah mati, lihat pada lampu-lampu kecil (hdd led dan power led) di casing depan laptop dan komputer Anda. Jika sudah tidak menyala atau berkedip-kedip lagi, berarti Anda sukses mematikan komputer Anda.

Sebenarnya ada cara lain untuk mematikan komputer dan laptop di windows 7. Dan cara ini lebih cepat menurut saya, karena hanya menggunakan tombol di keyboard saja. Untuk caranya adalah jika Anda menggunakan pc atau komputer desktop, Anda tinggal klik pada tombol "power" pada keyboard Anda (jika tersedia tombol power).

Namun jika Anda pengguna notebook, Anda bisa menekan tombol "windows>Tombol panah ke kanan 1 kali>enter". Maka sistem akan melakukan shut down, tanpa harus melakukan klik pada mouse Anda.

Baca juga: 3 cara mematikan komputer dengan keyboard

Nah, saya rasa cukup sekian tulisan saya tentang cara shut down laptop di windows 7 yang benar, semoga bermanfaat bagi Anda. Seperti biasa, silahkan ditambahkan jika Ada kekurangan di dalam tulisan ini. Terima kasih..

4 komentar

Makasih nih ya udah mau sharing disini ehhehe

hihi, iya kadang2 bingung dimana tempat shutdown nya, thans for share

@asna makasih mbak asna telah berkunjung :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon