Fungsi Software Ccleaner Pada Komputer

Kegunaan dan Fungsi Ccleaner=> Bicara tentang software komputer, maka tidak lengkap rasanya tanpa turut membicarakan Ccleaner, software gratis dari Piriform.Inc. Selain gratis, fungsi dan kelebihan software ini cukup diperhitungkan. Makanya jangan heran, kalau saya memasukkannya pada daftar software yang perlu diinstal di komputer atau laptop.

Anda pasti ingin performa komputer Anda tetap terjaga bukan? Anda pasti juga menginginkan agar komputer Anda tetap cepat bukan? Nah, di sinilah pentingnya meng-instal ccleaner, karena software ini dapat Anda fungsikan untuk menjawab keinginan Anda tersebut. Bagaimana caranya?

fungsi software ccleaner

Jadi perlu Anda ketahui terlebih dahulu, bahwa setiap Anda menghidupkan dan menjalankan komputer, akan selalu menimbulkan sampah pada komputer tersebut. Setiap aplikasi yang Anda buka, setiap browser yang Anda gunakan untuk internetan, juga selalu menimbulkan history, sampah, dan cache. Jika semua itu terus ditimbun, akan membuat ruang hard disk di drive C menjadi penuh, atau membuat sistem operasi Anda menjadi terganggu, dan akibatnya komputer Anda menjadi lambat.

Nah, dengan menggunakan ccleaner ini, Anda bisa membersihkan semua itu. Tentunya dengan cara yang mudah dan simpel, karena antar muka software ini yang sangat sederhana. Menguntungkan bukan? Bahkan masih ada lagi fungsi ccleaner lainnya, yang tentunya harus Anda ketahui semuanya. Apa semua fungsinya?


1. Cleaner
 
Seperti namanya, bahwa fitur pertama ini adalah untuk membersihkan sampah-sampah serta file history dari sistem operasi dan dari aplikasi di dalam komputer. Saya telah jelaskan juga sebelumnya, bahwa aplikasi browser seperti mozilla firefox, google chrome dll, itu juga menimbulkan sampah, cache, dan file history yang perlu dibersihkan setiap saat.


Untuk cara penggunaannya, saya telah menuliskannya untuk Anda. Silahkan baca Cara membersihkan sampah komputer dengan software ccleaner. Tapi, sebelumnya Anda pun harus tahu bagaimana Cara Instal Software Ccleaner Terbaru ya sahabat.

2. Registry

Fitur selanjutnya adalah registry. Di mana fungsinya untuk melakukan scan pada registry komputer Anda, untuk mencari registry yang eror dari sisa-sisa registry program aplikasi yang telah terhapus. Nah, setelah mendapatkan adanya masalah pada registry, ccleaner bisa Anda manfaatkan untuk memperbaikinya.

Baca juga: Cara scan dan memperbaiki registry windows yang eror

3. Tools
 
Pada fitur ini, terdapat beberapa sub fitur di dalamnya.

-Uninstal=> Yaitu untuk meng-uninstal atau menghapus program aplikasi yang telah terinstal di komputer Anda. Fitur ini sangat bagus, di mana Anda bisa memilih program yang akan dihapus, dan menjalankan uninstal hanya lewat ccleaner saja, tanpa harus masuk di "add or remove program" pada windows.

-Start Up=> Yaitu fitur yang digunakan untuk mengatur aplikasi-aplikasi apa saja, yang terload saat start up windows berjalan. Ini juga bagus sekali, bisa Anda gunakan untuk mematikan program aplikasi tidak penting yang seharusnya tidak perlu berjalan saat start up windows. Itu dimaksudkan agar loading windows tidak terlalu berat.


-System Restore=> Digunakan untuk menghapus "system restore point" pada windows. Perlu Anda ketahui bahwa dalam keadaan default, "system restore" (fitur windows) telah diaktifkan oleh windows. Nah, jika "system restore" ini diaktifkan, otomatis "system restore" tersebut akan melakukan back up secara berkala terhadap system komputer Anda.


Jadi misalnya "system restore" memback up system Anda pada hari ini, kemudian besok software komputer Anda mengalami eror, Anda bisa menggunakan "system restore" di windows tersebut untuk mengembalikan komputer seperti hari ini, saat belum terjadi eror.


Dan yang perlu Anda ketahui lagi, bahwa hasil back up dari "system restore" yang disimpan di komputer inilah yang disebut "system restore point". Semakin banyak "system restore point" yang ditumpuk oleh windows, tentunya semakin membebani komputer Anda. Baca Juga: 


Di sinilah diperlukannya ccleaner, dengan fiturnya "system restore", bisa digunakan untuk menghapus "system restore point" di dalam komputer Anda.

-Drive wiper=> adalah fitur yang digunakan untuk membersihkan file-file yang telah terhapus, agar tidak bisa dikembalikan lagi menggunakan software recovery.

Hal ini dilakukan, karena setiap Anda menghapus file di dalam komputer Anda, Secara default windows hanya akan menghapus alamat di mana file tersebut disimpan. Sehingga yang sebenarnya terjadi adalah file tersebut masih ada di dalam hard disk Anda, dan akan terhapus atau tertimpa jika Anda memasukkan file baru di dalam hard disk tersebut.

Mengapa perlu membersihkan data yang telah terhapus? Hanya untuk keamanan Anda saja. Bisa jadi data tersebut sangat besar nilainya bagi Anda, dan Anda tidak ingin data tersebut diketahui orang lain.

Note : Pada bagian wipe terdapat dua pilihan, yaitu Free Space Only dan Entire Drive (All Data will be erased). Pilih "free space only" jika Anda hanya ingin mengosongkan (me-wipe) ruang yang kosong saja. Pilih "entire drive" jika Anda ingin menghapus seluruh file dalam satu drive/partisi di hard disk dan ini pernah saya baca tidak bisa direcovery lagi.


4. Options
 
Pada bagian option ini, terdapat sub menu lagi. Salah satu yang akan saya jelaskan adalah fitur "cookies". Dengan adanya fitur ini, Anda dapat membersihkan Cookie yang berasal dari aplikasi browser Anda.

Yang jelas, begitu banyak sekali fungsi ccleaner yang bisa Anda manfaatkan. Dan saya sendiri suka menggunakan software ini, karena selain freeware alias gratis, software ini sangat ringan dan tidak terlalu membebani komputer. Jika digunakan untuk menjalankan fungsinya pun, kerja software ini cukup cepat.


Nah, dari ulasan ini dapat disimpulkan bahwa ccleaner adalah suatu software gratis dari piriform, yang sangat penting dan berguna untuk menjaga sistem komputer agar optimal dengan fitur-fitur yang dimilikinya.

Baiklah, saya rasa cukup sekian tulisan sederhana ini, semoga bermanfaat bagi Anda. Seperti biasa jika ada kekurangan, mohon ditambahkan melalui komentar. Terima kasih telah sudi berkunjung..

8 komentar

thanks bro !

maaf, saya boleh copi ya untuk keperluan tugas kuliah saya, terima kasih banyak.

untuk keperluan tugas kuliah, silahkan.. tapi kalau mau diposting ulang ke blog pribadi, JANGAN :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon