Cara Menghidupkan Komputer Dan Laptop Yang Benar

Cara menghidupkan komputer dan laptop yang benar=> Sebagai pengguna komputer, pasti Anda menginginkan agar komputer atau laptop Anda tetap awet bukan? Jika jawabannya iya, memang seperti itulah yang diinginkan oleh kebanyakan orang di luar sana.

Bicara tentang awet, di sini tidak hanya dari segi hardware (perangkat keras) di dalam komputer itu saja. Melainkan software atau perangkat lunak juga perlu dijaga agar jangan cepat rusak. Tentunya alasannya agar tidak menimbulkan banyak kerugian materi atau pun waktu yang Anda miliki akibat kerusakan komputer Anda.

Nah, untuk merawat laptop atau komputer Anda tentunya Anda butuh beberapa tips yang digunakan. Misalnya tips menghidupkan, tips memakai, tips mematikan dan tips menyimpan laptop yang benar. Saya rasa 4 tips itu adalah dasar-dasar yang harus Anda ketahui jika memang Anda menginginkan agar komputer Anda tetap awet.

Sebelumnya saya telah menulis tentang mematikan laptop dan komputer yang benar. Namun kali ini saya akan memberikan cara menghidupkannya. Sebenarnya ini hanya tips saja sih, yang mungkin bermanfaat bagi Anda.

Baiklah, inilah cara menghidupkan komputer dan laptop yang benar

1. Pastikan sumber daya telah terhubung ke komputer dan notebook

Yang saya maksud dengan sumber daya di sini adalah daya listrik yang digunakan untuk menyuplai komputer atau laptop agar bisa dihidupkan.

Misalnya jika Anda menggunakan komputer, ya Anda harus memastikan bahwa kabel power komputer telah terpasang dengan benar dan terhubung dengan listrik PLN. Jika Anda menggunakan laptop, pastikan battery laptop Anda telah terpasang dan berisi daya. Namun jika battery tidak ada atau telah rusak, maka pastikan charger/adaptor telah di colok di laptop/notebook Anda.

Banyak pengguna yang sedikit lalai dalam masalah sumber daya ini. Biasanya lantaran tidak terlalu memperhatikan apakah kabel power sudah terpasang dengan benar atau belum? Mereka langsung menghidupkan komputer, yang jelas tidak akan bisa hidup. Akibatnya tak jarang gara-gara masalah ini mereka harus membawanya ke tempat servis. Padahal sebenarnya tidak ada masalah apa pun selain kabel power yang longgar atau belum terpasang.

2. Cukup satu kali tekan tombol power

Saat Anda menekan tombol power untuk menghidupkan komputer atau laptop, cukup tekan satu kali saja tombol itu. Tunggu sampai lampu di tombol power benar-benar menyala, sebagai respon bahwa komputer atau laptop dalam proses menghidupkan.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna adalah tidak sabar dalam menghidupkan komputer/laptop, dengan menekan tombol power secara berulang-ulang. Padahal sebagian komputer memang ada yang sedikit lambat untuk menyalakan lampu power pada tombol tersebut. Sekali lagi saya ingatkan, jangan menekan tombol ini berulang-ulang, sebab bisa merusak hard disk dan system operasi Anda.

3. Bersabarlah menunggu loading system

Setelah Anda menekan tombol power pada laptop atau komputer Anda, maka selanjutnya adalah proses loading system Anda. Setiap komputer tentunya memiliki waktu loading yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya jenis sytemnya, spesifikasi pada komputer atau laptop
itu sendiri, dan tentunya juga masalah gangguan virus.


Ada kalanya loading system Anda saat start up akan sangat lambat. Untuk itu Anda harus bersabar menunggunya sampai melewati proses loading dan masuk ke system Anda. Jagan sampai lantaran tidak sabar, Anda menekan tombol restart atau tombol power untuk mematikan dan menghidupkannya kembali. Sebab ini hanya akan memperburuk system Anda menjadi lebih lambat lagi. Kenapa bisa? Ya.. karena system Anda bisa menjadi rusak akibat hal itu.

4. Tunggu sampai benar-benar masuk system operasi sebelum menggunakan

Selanjutnya sebelum menggunakan komputer, tunggulah system operasi Anda sampai benar-benar siap digunakan. Kapan system operasi siap digunakan? Perhatikanlah prosesnya, ketika semua short cut di desktop telah tampil semua dan icon-icon di taskbar kanan bawah telah muncul semua. itulah tanda bahwa komputer siap digunakan.

Komputer dan laptop yang lambat biasanya akan memunculkan shortcut secara satu-satu dan sedikit lama. Begitu pun kemunculan icon-icon di pojok kanan bawah task bar Anda, biasanya akan muncul satu-satu juga.

Jadi tunggulah sampai sahortcut di desktop dan icon-icon di pojok kanan bawah taskbar tersebut benar-benar muncul semuanya. Meskipun itu sedikit memakan waktu Anda, jangan sampai Anda main klik sana-sini dulu, atau klik kanan refresh pada komputer Anda. Sebab jika Anda memaksa menggunakannya dalam keadaan system belum terbuka sepenuhnya, maka itu hanya akan memperlambat proses dan membuat windows semakin tersendat-sendat.

Para pembaca setia abang-palu.blogspot.com, sebelum saya mengakhiri tulisan ini, saya ingin berpesan kepada Anda untuk memperhatikan laptop atau komputer Anda. Tentunya ini agar perangkat elektronik Anda tersebut menjadi lebih awet lagi. Dan jika ingin komputer Anda awet, Anda sendirilah yang harus berusaha.

Baiklah, demikian tulisan saya tentang cara menghidupkan komputer dan laptop yang benar, semoga bermanfaat bagi Anda. Jika ada kekurangan, mohon dimaafkan. Dan alangkah senangnya jika Anda mau menambahkan melalui komentar. Terima kasih..

2 komentar

mkasih gan ,,, postingan cara-menghidupkan-komputer-dan-laptop , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan

@penghasil pulsa gratis: iya gan sama-sama.. saya dah kunbal blognya.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon