Tips Mematikan Komputer Dan Laptop Yang Benar

Setiap orang pastilah menginginkan supaya laptop atau komputer mereka menjadi awet. Namun sayangnya untuk mewujudkan keinginan itu, banyak yang tidak mengetahui caranya dan bahkan bersikap ceroboh menggunakan komputer yang mereka miliki.

Untuk itu, salah satu yang harus Anda perhatikan adalah cara mematikan komputer dan laptop yang benar. Ini sangat penting sekali, bukan hanya menghidupkan komputer dan laptop saja yang perlu Anda ketahui, tapi mematikannya pun juga harus Anda laksanakan dengan prosedur yang benar agar kerusakan yang terjadi dapat diminimalisir lagi.

Ada beberapa hal yang perlu Anda terapkan dalam men-shutdown komputer dan laptop Anda. Dan jika Anda tertarik, silahkan dibaca lebih lanjut tips-tips berikut ini.

1. Pastikan menutup program aplikasi dan menyimpan hasil pekerjaan Anda

Langkah pertama adalah tutup semua program aplikasi yang Anda jalankan, dan simpan hasil kerja Anda terlebih dahulu (misal ketikan dan lain-lain). Ini dimaksudkan agar proses shutting down berjalan lancar, dan data Anda pun aman setelah dilakukan penyimpanan.

2. Selalu shutting down melalui system

Yang ke dua adalah selalu matikanlah komputer dan laptop Anda melalui system operasi. Masing-masing system operasi, memiliki cara yang berbeda-beda untuk mematikan komputer. Misalnya mematikan komputer di windows 7 akan berbeda dengan windows 8 dan sebagainya.

Jika Anda pengguna komputer desktop, Anda juga boleh menggunakan "tombol power" yang ada di keyboard komputer Anda. Namun kesalahan yang sering terjadi adalah mematikan laptop atau komputer dengan menggunakan "tombol power" pada komputer dan laptop secara langsung.

Jangan sekali-kali menggunakan tombol itu, sebab selain dapat merusak operating system, itu juga dapat merusak hard disk Anda. Makanya jangan heran jika file system ada yang rusak dan hilang, dan sebagian akan memunculkan pesan eror "bootMGR is missing".

3. Bersabarlah untuk menunggu proses

Jika Anda mematikan laptop melalui windows, maka akan ada proses "shutting down" yang tentunya membutuhkan waktu tunggu. Dalam proses ini, memang terkadang ada sebagian komputer atau laptop yang bermasalah, maka akan memakan waktu yang lebih lama lagi. Jadi sebagai pengguna yang baik, seharusnya Anda bersabar menunggunya hingga benar-benar mati sempurna.

Kesalahan yang sering terjadi adalah ketidak sabaran pengguna untuk menunggu proses ini, yang dengan beberapa alasan misalnya terburu-buru sehingga mengambil jalan pintas untuk mematikan komputer dengan cara paksa menggunakan tombol power. Ingat, itu kesalahan fatal..!!

4. Jika komputer dan laptop telah mati, amankan!!!

Maksud saya di sini berhati-hatilah setelah mematikan komputer dan laptop Anda.

Jika Anda baru saja mematikan laptop, berhati-hatilah sebelum menutupnya. Pastikan di atas keyboard tidak ada benda-benda seperti mouse, modem dan lain-lain. Sebab ada kasus bahwa layar laptop pecah akibat terganjal benda-benda seperti itu saat di tutup. Nah, setelah Anda benar-benar memastikan aman, silahkan tutup dan simpan laptop Anda di tempat yang aman.

Baca juga: cara mematikan laptop

Jika Anda menggunakan komputer desktop, jangan lupa untuk mencabut kabel power yang terhubung dengan PLN secara langsung. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti corsleting listrik pada kabel power tersebut.

Nah, saya rasa cukup sekian saja tulisan saya tentang tips mematikan komputer dan laptop yang benar, semoga bermanfaat bagi Anda. Jika kiranya ada kekurangan, silahkan ditambahkan melalui komentar. Terima kasih..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon