Awas! Virus Komputer Juga Bisa Merusak Data Anda

Hai sahabat, di saat pesatnya perkembangan komputer, sangat disayangkan jika turut juga diiringi oleh perkembangan virus yang semakin banyak. Meraka sulit diatasi, bahkan cara kerja virus terbaru semakin menghawatirkan, yaitu bisa saja merusak data-data penting Anda.

Nah, bagi Anda yang sayang terhadap data Anda, mulai detik ini Anda harus waspada terhadap virus yang juga dapat memanipulasi data ini. Dalam hal ini, sebagai langkah antisipasi terhadap kehilangan data Anda, maka Anda perlu membaca tulisan saya sebelumnya, yaitu cara mengamankan data penting di komputer agar tidak hilang.

Bagi Anda yang belum pernah kehilangan data akibat virus, pasti bisa saja percaya, bisa juga tidak. Namun, percayalah bahwa ini bukan merupakan kata orang. Saya, sebagai orang yang sering bergelut dengan masalah komputer, tentunya cukup sering mendapatkan kasus kehilangan dan kerusakan data seseorang akibat virus.

Kerusakan data akibat virus sangat beragam. Mulai data yang diubah menjadi file virus, dirubah menjadi bentuk shortcut, data yang eror saat dibuka, data yang disembunyikan, atau bahkan hilangnya data di komputer.

Apapun akibatnya, dan seberapa besar tingkat kerusakannya, yang jelas virus komputer dapat mengganggu aktifitas Anda, dan mengganggu kenyamanan Anda dalam menyimpan data. Sebab, saat Anda menghidupkan komputer, meskipun itu menghidupkan komputer dengan cara yang benar, tetap saja virus akan terbangun dan bisa saja mengobrak-abrik data penting Anda.

Tidak ada solusi terbaik yang bisa saya berikan selain menyuguhkan kepada Anda tips agar komputer dan laptop terhindar dari virus. Sehingga dengan tips tersebut, membuat Anda paling tidak mengetahui agar laptop atau komputer Anda tidak sampai terjangkit virus terlalu dini, atau terlalu banyak.

Memang, harus saya akui bahwa membasmi virus komputer itu tidak semudah membasmi ulat bayam. Sebab virus komputer itu tidak bisa kita raba, dan bentuknya pun seperti apa kita juga tidak pernah tau. Hanya saja, kita harus berusaha untuk menghilangkan dengan semaksimal mungkin agar virus tidak menginfeksi komputer dan laptop menjadi lebih parah.

Baca juga: Awas! Virus komputer paling berbahaya di dunia versi abang palu

Sedia payung sebelum hujan berlaku di sini. Anda harus perhatian terhadap laptop dan komputer Anda, agar rusaknya data penting Anda tidak sampai terjadi. Sebab banyak diantara pelanggan yang pernah meminta tolong kepada saya, terlihat sekali penyesalan di raut wajah mereka akibat ulah virus yang membuat eror data-data mereka.

Tentu hal ini patut kita jadikan pelajaran, agar tidak terjadi kepada saya atau pun Anda. Baiklah, cukup sekian tulisan saya tentang virus komputer juga bisa merusak data Anda. Semoga bermanfaat..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon