Mengapa Resolusi Layar Laptop Hanya Dua Pilihan?

Mengapa Resolusi Layar Laptop Hanya Dua Pilihan?=>Bagi Anda yang bingung setelah menginstal laptop atau komputer kok jumlah pilihan resolusinya berubah, maka ini adalah artikel yang Insya Allah akan bermanfaat untuk menjawab kebingungan tersebut. Bukannya saya ingin menggurui, tapi saya cuma ingin berbagi saja berdasarkan pengalaman saya selama ini.

resolusi layar laptop berkurang
Jadi, ceritanya sebelumnya laptop Anda memiliki beberapa pilihan resolusi untuk tampilan laptopnya. Itu sebelum laptop diinstal ulang. Nah, setelah laptop diinstal lagi sistem operasinya, lha kok pas mau merubah resolusinya ternyata hanya ada dua pilihan, atau beberapa pilihan yang tidak sebanyak sebelum diinstal ulang.

Contohnya sekarang laptop Anda hanya memiliki pilihan resolusi 1024x768 dan 800x600. Setelah salah satu resolusi tersebut dipilih, maka tampilan laptop pun masih belum optimal, dalam artian kadang tampak kabur, kadang tampak kebesaran, dan bahkan tersendat-sendat kalau digunakan untuk hal-hal yang cukup berat seperti bermain game.

Apa penyebab pilihan resolusi tinggal sedikit?

Jadi, kalau memang benar masalah ini terjadi setelah Anda menginstal ulang laptop atau komputer Anda, kemungkinan besar itu adalah akibat driver VGA laptop Anda belum terinstal. Bisa jadi Anda lupa, bisa jadi juga driver yang Anda instal sebelumnya tidak sesuai dengan VGA laptop Anda sehingga driver yang sudah terinstal sebelumnya itu tidak bisa digunakan.

Untuk mengatasi masalah ini, silahkan instal driver VGA komputer atau laptop Anda dengan yang sesuai ya sobatku. Download driver di internet saja kalau Anda belum memiliki drivernya untuk saat ini. Cara downloadnya gampang kok. Tinggal ketik saja, contoh: "download driver laptop acer 4732z windows 7" (itu kalau tipe laptop Anda acer 4732z dan menggunakan sistem windows 7). Yang jelas, sesuaikan dengan merek dan tipe laptopnya, serta sistem operasi yang digunakan. Kemudian, silahkan buka artikel yang muncul, dan cari driver VGAnya untuk didownload.

Setelah driver VGA berhasil didownload, silahkan diinstal. Kemudian setelah selesai diinstal jangan lupa direstart laptop atau komputernya ya sobatku.. biar drivernya bisa aktif bekerja dengan baik.

Kemudian setelah itu, cek kembali resolusi layar/tampilan di laptop Anda. Kalau sudah muncul banyak pilihan resolusi, ya berarti Anda berhasil. Selamat ya.. :)

Hanya ini saja yang bisa saya tulis tentang mengapa resolusi layar laptop hanya dua pilihan? Semoga bisa membantu.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon